Perkenalan Bahasa Pemograman JAVA



Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek yang kuat. Program Java diterjemahkan ke bytecode oleh compiler java. Java bytecode dikompilasi berjalan pada komputer virtual yang disebut Java Virtual Machine (JVM). Interpreter dalam JVM menerjemahkan java bytecode ke instruksi yang bisa dimengerti mesin. Jadi untuk menjalankan program java sesuai pada mesin, semua yang Anda butuhkan adalah JVM dengan interpreter yang dapat menerjemahkan java bytecode ke mesin instruksi yang dimengerti.

Cara ini menjalankan pemrograman java menggunakan compiler bytecode dan mesin juru bahasa tertentu adalah apa yang membuat program java portabel, yang berarti menulis sekali dan jalankan di mana saja.

Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek, memungkinkan mendefinisikan objek yang merupakan entitas yang cukup mandiri yang berarti objek berisi data dan perilaku yang beroperasi pada data.
Tipe Data
Program terdiri dari dua elemen, data dan perilaku yang menggunakan data. Untuk menyimpan data dalam suatu program, variabel perlu dideklarasikan. Untuk menyatakan suatu variabel, tipe data perlu ditentukan. Java mendukung tipe data byte, short, int, long, float, double, boolean dan char. Tipe data ini disebut tipe data primitif.
Tipe data byte adalah integer 8 bit yang ditandatangani dan Anda dapat menetapkan nilai dari -128 hingga 127 range ke variabel tipe byte. Tipe data pendek adalah bilangan bulat bertanda 16 bit dan rentang nilai -32,768 dan 32,767. Tipe data int adalah bilangan bulat 32 bit, tipe data int dapat digunakan sebagai ditandatangani dan tidak ditandatangani. Untuk int unsigned, rentang nilai dimulai dari 0. Tipe data panjang adalah bilangan bulat 64 bit dan dapat ditandatangani dan tidak ditandatangani.
Tipe data float adalah presisi tunggal 32 bit floating point. Tipe data ganda adalah presisi ganda 64 bit floating point.
Tipe data boolean dapat memiliki dua nilai true atau false. Tipe data char adalah 64 bit Unicode karakter. Java juga menyediakan kelas String yang dapat digunakan untuk menyimpan data karakter string.
Anda dapat mendeklarasikan variabel dalam java menggunakan tipe data dan nama variabel.
private int height;
Jika nilai tidak ditetapkan untuk variabel, kompilator menetapkan nilai default. Nilai default adalah 0 untuk byte, short dan int, 0L untuk long, 0.0f untuk float, 0.0d untuk double, false untuk boolean dan null untuk String dan jenis objek lainnya.
Array
Jika Anda memiliki beberapa item dari jenis waktu yang sama, akan sulit untuk dikelola jika Anda menyatakan variabel untuk setiap item data. Java menyediakan cara untuk menangani beberapa variabel dengan tipe yang sama. Anda dapat mendeklarasikan objek bernama Array yang dapat menyimpan beberapa item dari jenis data yang sama.
Anda dapat mendeklarasikan tipe data primitif atau jenis objek apa pun sebagai larik seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Anda perlu menentukan jumlah elemen yang dapat ditahan oleh array. Untuk menetapkan atau membaca nilai elemen, Anda dapat menggunakan indeks. Indeks larik mulai dari 0. Contoh menunjukkan deklarasi larik, menetapkan nilai ke dalamnya, dan mengakses nilai yang disimpan dalam larik.
   int[] scores = new int[3];
  
  scores[0] = 80;
  scores[1] = 80;
  scores[2] = 80; 
System.out.println("array element at index 1 is "+scores[1]);</

Belum ada Komentar untuk "Perkenalan Bahasa Pemograman JAVA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel