Belajar Memakai Countdownlatch Di Kegiatan Java

CountDownLatch ialah salah satu class library yang diperkenalkan semenjak JDK 1.5,  dalam package  (java.util.concurrent) , yang dimana fungsinya sebagai proteksi sinkronisasi, yang memungkinkan satu atau lebih thread menunggu , untuk menyelesaikan  suatu task yang diberikan . 

Sebagai developer , kalian sanggup memakai objek dari CountDownLatch , jika kalian memakai banyak thread untuk melaksanakan pekerjaan yang berbeda-beda , serta ingin tahu tepatnya semua task simpulan , sehingga kalian sanggup berpindah ke tahap selanjutnya.  Dengan kata lain , kalian sanggup memblokir thread , hingga thread lain menuntaskan task atau tugasnya. 


 ialah salah satu class library yang diperkenalkan semenjak JDK  Belajar Menggunakan CountDownLatch di Program Java



Pada artikel berguru java kali ini , kita akan mencoba menciptakan pola penggunaan countdownlatch , di bahasa pemrograman java. Selengkapnya , berikut mari kita simak lebih lanjut :



1. Pertama buka IntelliJ IDEA ,atau Software IDE lain yang kalian gunakan , di Komputer atau Laptop kalian.


2. Kalian sanggup perhatikan pola code ,beserta penjelasannya di bawah:




Contoh Code :

 ialah salah satu class library yang diperkenalkan semenjak JDK  Belajar Menggunakan CountDownLatch di Program Java
Contoh Code

Penjelasan :

Pada pola code kegiatan di atas , pertama-tama kita menciptakan class yang berjulukan Prosesor ,yang mengimplementasi interface Runnable.

Selanjutnya kita mendeklarasikan variable acuan latch ,  dari CountDownLatch ,yang akan dikembalikan nilainya di dalam constructor milik class Prosesor.

Lalu untuk menjalankan tasknya , kita memakai method  .run() , yang didalamnya kita mengeksekusi method Thread.sleep() , untuk menjeda selama 3 detik.

Kemudian kita gunakan method latch.countdown() , untuk decreement nilai count latch , yang akan menghitung mundur dari 3 2 1 0. Method ini akan melepaskan semua thread yang menunggu , hingga penghitung mencapai angka 0.


Pada class Aplikasi ,kita akan mencoba mengeksekusi program,  menyerupai biasa di dalam method main().

Pertama kita menginstansi objek gres latch , kemudian memilih hitungan 3, yang akan dikurangi nilainya oleh method countdown() , ketika kegiatan dijalankan.

Selanjutnya ,kita mereferensikan variable service ,untuk mengatur fatwa task , dari class ExecutorService.

Baca juga : Belajar Menggunakan Thread Pool di Program Java

Method newFixedThreadPool() , digunakan  untuk memilih ukuran thread yang akan bekerja, yang dalam hal ini kita memakai 3 worker thread.


Lalu kita memakai looping for , untuk mensubmit 3 task ,dari 3 thread yang bekerja di thread pool.

Setelah itu , kita akan memakai method latch.await() ,yang dipakai untuk memblock main thread ,  atau thread ketika ini  untuk sementara , hingga nilai count latch mencapai angka 0 , yang selanjutnya akan menampilkan output hasil Selesai.


Output :


 ialah salah satu class library yang diperkenalkan semenjak JDK  Belajar Menggunakan CountDownLatch di Program Java
Output Hasil


Belum ada Komentar untuk "Belajar Memakai Countdownlatch Di Kegiatan Java"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel