Belajar Memakai Thread Pool Di Kegiatan Java

Pada artikel sebelumnya ,kita telah berguru menciptakan thread , dengan cara mewariskan (extends) Thread , atau juga memgimplementasi (implements)  dengan interface Runnable . Meskipun untuk menciptakan satu atau dua thread , dan menjalankanya akan terasa mudah. 

Namun akan menjadi problem , dikala aktivitas aplikasi memerlukan pembuatan 10 atau 20 thread untuk menjalankan task secara bersamaan. Bahkan untuk aktivitas aplikasi multithreading , sanggup saja mencapai ratusan atau ribuan thread ,yang akan dijalankan secara bersamaan. Untuk itu  kita harus mengatasi problem ini  , dengan cara memisahkan pembuatan dan mengatur atau administrasi thread.

 Meskipun untuk menciptakan satu atau dua thread  Belajar Menggunakan Thread Pool di Program Java


Thread Pool ialah sekumpulan thread , yang akan mengatur banyaknya thread dibuat, dari  task queue(antrian) , yang selanjutnya akan mengeksekusi task hingga selesai.  Pada artikel berguru java kali ini,  kita akan mencoba menciptakan pola penggunaan thread pool , di bahasa pemrograman java. Selengkapnya ,berikut mari kita simak lebih lanjut :



1. Pertama buka IntelliJ IDEA ,atau Software IDE lain yang kalian gunakan , di Komputer atau Laptop kalian.



2. Kalian sanggup perhatikan pola code ,beserta penjelasanya di bawah :


Contoh Code :

 Meskipun untuk menciptakan satu atau dua thread  Belajar Menggunakan Thread Pool di Program Java
Contoh Code


Penjelasan : 

Pada pola aktivitas di atas , pertama-tama kita menciptakan class yang berjulukan Prosesor , yang mengimplementasi interface Runnable.

Selanjutnya kita deklarasikan  variable id, yang akan dikembalikan nilainya , pada parameter constructor  milik class Prosesor.

Lalu ,disini kita sanggup mendeklarasikan method .run() ,yang berasal dari interface Runnable. 

Dimana di dalam method tersebut ,kita menjalankan handling  block try catch ,  untuk mengeksekusi method Thread.sleep()  , yang akan mendelay thread selama 5 detik , untuk jarak antara memulai dan simpulan task.


Pada class Aplikasi , menyerupai biasa kita akan mencoba , menjalankan programnya di method main.

Di baris code pertama , kita akan memakai class ExecutorService ,yang akan memuat blocking queue  atau antrian task , dan juga Thread Pools.

ExecutorService disini akan berperan sebagai siklus hidup task ,yang mengatur anutan sanksi task.


Pada var rujukan service ,kita mereferensikan nilai , pada method static yaitu Executors.newFixedThreadPool(2). Dimana artinya ,kita akan memilih ukuran tetap,   2 thread yang bekerja  secara bersamaan  di ThreadPool.

Selanjutnya ,kita memakai looping for , untuk mensubmit 5 task yang dari  2 thread yang bekerja di Thread Pool.


Lalu disini kita memakai method .shutdown() ,untuk mematikan semua service ,yang akan mencegah aktivitas aplikasi , mengirim (submit) task baru.

Setelah itu ,kita memanggil method .awaitTermination() ,yang akan memblock , hingga semua task simpulan di sanksi , sesudah undangan shutdown , dalam rentang waktu yang telah ditentukan

Untuk memahami proses kerjanya ,kalian sanggup melihat pola gambar ilustrasinya , di bawah :

 Meskipun untuk menciptakan satu atau dua thread  Belajar Menggunakan Thread Pool di Program Java
Contoh gambar gambaran thread pool 

Output :

 Meskipun untuk menciptakan satu atau dua thread  Belajar Menggunakan Thread Pool di Program Java
Output Hasil

Belum ada Komentar untuk "Belajar Memakai Thread Pool Di Kegiatan Java"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel