Memahami Class Biginteger Pada Java

Terkadang dalam pemrograman mungkin anda membutuhkan angka dalam ukuran dan presisi tertentu. Kebanyakan aplikasi, termasuk aplikasi teknik, memakai perhitungan tipe data float dan double standar  untuk melaksanakan operasi dasar metematika di Java.

Namun adakalanya tipe data standar itu tidak mememenuhi kebutuhan dalam program, kerena anda bekerja dengan angka yang sangat besar atau membutuhkan presisi yang sangat tinggi, oleh alasannya itu Java menyediakan class yang bersifat immutable yaitu BigInteger dan BigDecimal yang terdapat dalam package java.math untuk menuntaskan permasalahan tersebut.

BigInteger


BigInteger diharapkan dalam operasi matematika dikala nilai integer yang dipakai sangat besar alasannya jika  hanya memakai tipe data int sanggup menimbulkan integer overflow.

Integer overflow terjadi dalam pemrograman alasannya suatu operasi aritmatika yang mencoba untuk memperlihatkan nilai diluar dari range maksimum dan minimum yang sanggup direpresentasikan oleh angka yang diberikan bit tertentu.

Kondisi tersebut sanggup menimbulkan agenda memperlihatkan hasil yang tidak akurat, kalau tidak diantisipasi dengan baik sanggup menimbulkan duduk kasus pada kehandalan dan keamanan program.

Terkadang dalam pemrograman mungkin anda membutuhkan angka dalam ukuran dan presisi terten Memahami Class BigInteger Pada Java


BigInteger sanggup dipakai dikala tipe data int tidak sanggup memenuhi kebutuhan anda. Misalnya dikala anda membutuhkan nilai faktorial dari 70 atau 70!, menyerupai pola di bawah ini:

Output:

Nilai faktorial dari 70 adalah:
11978571669969891796072783721689098736458938142546425857555362864628009582789845319680000000000000000

Penjelasan:

Class BigInteger dipakai untuk merepresentasikan nilai yang besar dan tidak menentu, sehingga integer overflow tidak akan terjadi menyerupai bila anda memakai int dan long. Pada agenda di atas, objek dibentuk dengan nama hasil, yang akan memegang nilai dari faktorial 70, dimana nilainya diinisialisasi dengan 1.

BigInteger hasil = BigInteger.ONE; //lihat line 15

Loop yang dipakai ialah for loop yang merupakan standar untuk perhitungan faktorial. Perkalian antara dua BigInteger dilakukan memakai method multiply(), yang memakai nilai BigInteger sebagai argumen.

Class BigInteger itu bersifat immutable artinya pada objek di mana fungsi multiply itu dipanggil, tidak akan mengubah nilai integer yang dipegangnya. Perkalian akan dilakukan dan nilai BigInteger yang gres akan dikembalikan dan simpan dalam variabel objek hasil.

hasil = hasil.multiply(new BigInteger (i + ""));//lihat line 20

Jika arahan di bawah ini dipakai untuk menggantikan arahan pada line 20 di atas, agenda akan selalu memperlihatkan 1 sebagai jawaban.

hasil.multiply(new BigInteger (i + ""));

Kenapa sanggup demikian? Karena nilai dari hasil telah diinisialisasi dengan 1. Dengan demikian, perkalian tersebut tidak akan mempunyai pengaruh pada nilai yang disimpan pada hasil, alasannya objek yang dikembalikan oleh multiply() tidak disimpan kembali pada hasil. Sehingga walaupun loop telah selesai, agenda akan tetap memperlihatkan nilai 1 sebagai jawaban.




Secara praktis objek dari BigInteger contohnya sanggup dibentuk dengan:

BigInteger myNumber = new BigInteger("894164965438599736442957283566998");

Beberapa method untuk pengoperasian matematikanya adalah:
  • add() //penjumlahan
  • substract() //pengurangan
  • multiply() //perkalian
  • divide() //pembagian
  • remainder() //modulo
  • divideAndRemainder()
  • pow() //perpangkatan
  • gcd() //greatest common divisor
dan lain sebagainya.

Demikianlah klarifikasi singkat mengenai class BigInteger pada Java, biar sanggup menambah pengetahuan bagi anda yang sedang mencar ilmu pemrograman.

Belum ada Komentar untuk "Memahami Class Biginteger Pada Java"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel