Memahami Class Decimalformat Dalam Pemrograman Java

Ketika berurusan dengan angka-angka desimal terkadang anda memerlukan untuk memformatnya. menyerupai membuatnya menjadi dua atau tiga angka dibelakang koma ataupun memerlukan untuk menambahkan angka nol di depang angka tersebut.

Untungnya Java menyediakan banyak cara untuk melaksanakan hal itu menyerupai memakai Math.round() atau setScale dari class BigDecimal. Namun satu hal yang perlu diperhatikan bila memakai Math.round() maka pembulatan angka akan dilakukan, contohnya 2.8 akan dibulatkan menjadi 3.0.

Baca juga:
Class BigInteger

Oleh alasannya itu bila anda ingin memformat angka desimal hingga dengan n angka, maka memakai DecimalFormat yaitu pilihan yang tepat. Class java.text.DecimalFormat yaitu subclass dari class NumberFormat sehingga sanggup menyediakan cara yang dinamis untuk melaksanakan format pada angka.

angka desimal terkadang anda memerlukan untuk memformatnya Memahami Class DecimalFormat Dalam Pemrograman Java


Ketika anda menciptakan instance dari DecimalFormat, anda sanggup melaksanakan passing String yang menjelaskan format angka desimal mana yang harus digunakan dan lalu method DecimalFormat.format() akan melaksanakan tugasnya.


Kali ini akan dijelaskan bagaimana cara untuk melaksanakan format angka desimal dalam 2 angka dan 3 angka dibelakang titik, memakai tanda 'koma' untuk melaksanakan pemisahan setiap 3 digit angka, dan lain sebagainya.

Cara Menggunakan DecimalFormat 


Class DecimalFormat berada dalam package java.text dan inherit dari class NumberFormat. Untuk sanggup melaksanakan format angka, maka instance dari class DecimalFormat harus dibentuk dengan pola yang sudah ditentukan.

Ketika instance itu telah dibuat, selanjutnya anda sanggup memanggil method DecimalFormat.format() untuk mengkonversi tipe double atau tipe long menjadi bentuk format yang diinginkan.

Berikut ini yaitu tumpuan isyarat yang sanggup membantu anda untuk lebih memahaminya:


Output:


Meskipun java.text.DecimalFormat yaitu class yang sangat membantu untuk memformat bilangan secara dinamis dalam pemrogrman Java, namun class ini tidak thread-safe Sehingga disarankan untuk tidak membagi format desimal diantara beberapa thread.

Demikianlah cara memformat angka desimal dengan DecimalFormat, meskipun terdapat beberapa cara lain yang sanggup digunakan, namun metode ini yaitu yang paling simpel, mudah, dan rapi untuk memformat bilangan desimal.

Belum ada Komentar untuk "Memahami Class Decimalformat Dalam Pemrograman Java"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel