Menyalin File Pada Java Memakai Class Filereader Dan Filewriter

Pada pembahasan sebelumnya anda sudah mengetahui cara menyalin file memakai class FileInputStream dan FileOutputStream. Sekarang, kita akan melaksanakan hal yang sama dengan memakai class lainnya yaitu FileReader dan FileWriter.

FileReader inherit dari class InputStreamReader dan merupakan class yang "nyaman" untuk membaca file karakter. Constructor dari class ini mengasumsikan bahwa encoding character default  dan ukuran byte-buffer default yakni hal yang sesuai.

FileWriter inherit dari class OuputStreamReader dan merupakan class yang "nyaman" untuk menulis file karakter. Sama menyerupai pada FileReader, constructornya juga mengasumsikan  encoding character default  dan ukuran byte-buffer default adalah hal yang sesuai.

Mengenai apakah file tersedia atau sanggup dibentuk tergantung dari platform yang mendasarinya. Beberapa platform, secara khusus, mengizinkan sebuah file untuk dibuka dan ditulis oleh satu FileWriter ataupun objek lain yang bisa melakukannya pada sekali waktu. Dalam kasus menyerupai itu maka constructor class ini akan gagal kalau file yang terkait sudah dibuka sebelumnya.

Berikut ini yakni contohnya:

Di sini misalkan terdapat sebuah file text pada direktori C:/bahasajavacom/myfile.txt dan isinya akan di salin ke C:/bahasajavacom/copymyfile.txt

package com.bahasajava.io;  import java.io.FileNotFoundException; import java.io.FileReader; import java.io.FileWriter; import java.io.IOException;  public class MenyalinFile {    public static void main(String[] args) {      try {    //myfile.txt yakni file sumber    //FileReader melalui constructor-nya akan membuka file ini dalam mode pembacaan    FileReader fileReader = new FileReader("C:/bahasajavacom/myfile.txt");        //copymyfile.txt yakni file tujuan atau sasaran    //FileWriter melalui constructor-nya akan membuka file ini dalam mode penulisan    FileWriter fileWriter = new FileWriter("C:/bahasajavacom/copymyfile.txt");        int i;        /*************************************************************************************     * Method read() dari class FileInputStream akan membaca byte per byte dari file sumber.     * Ini bergotong-royong gampang dipahami, bahwa method ini akan membaca nilai byte     * kemudian byte tersebut dikonversi pada nilai integer ASCII dan kemudian dikembalikan.     * Contohnya, bila file tersebut berisi aksara A, maka akan diconvert menjadi 65     * dan kemudian dikembalikan lagi.     *      * Method ini akan mengembalikan nilai -1 saat mencapai EOF / end of file.     *      *************************************************************************************/    while( ( i = fileReader.read()) != -1 ){     /*****************************************************      * Method write(int) dari class FileWriter akan       * mengambil nilai int dari method read()      *****************************************************/     fileWriter.write(i);     System.out.print((char) i);    }    //Menutup stream dan sebagai good programming practice    fileReader.close();    fileWriter.close();         //FileNotFoundException merupakan checked exception dari constructor FileReader dan FileWriter   } catch (FileNotFoundException e) {    System.out.println("File tidak ada! " + e);   } //IOException merupakan checked exception method read(), method write(int c), dan method close()     catch (IOException e) {     System.out.println("Terdapat duduk kasus ada I/O" + e);   }  }   } 


Contoh output:

Pada pembahasan sebelumnya anda sudah mengetahui  Menyalin File Pada Java Menggunakan Class FileReader dan FileWriter

Pada direktori yang sesuai akan terdapat salinan file text.

Belum ada Komentar untuk "Menyalin File Pada Java Memakai Class Filereader Dan Filewriter"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel