Belajar Bahasa Pemrograman Java : Komponen-Komponen Komputer

Untuk berguru bahasa pemrograman Java atau apapun, sebaiknya kita harus mengetahui mengenai komponen-komponen komputer. Sedangkan pengertian komputer itu sendiri sanggup diartikan sebagai perangkat elektronik yang berfungsi untuk menyimpan dan memperoses data.
 Untuk berguru bahasa pemrograman Java atau apapun Belajar Bahasa Pemrograman Java : Komponen-komponen Komputer
Java-komputer

Komputer terdiri dari dua bagian, yaitu perangkat keras atau hardware dan perangkat lunak atau software. Secara umum, hardware merupakan perangkat yang secara fisik sanggup terlihat oleh mata, sementara software akan menyediakan perintah yang mengendalikan hardware tersebut untuk menjalankan suatu kiprah tertentu.

Mengapa Harus Mengetahui Bagian Komputer Untuk Belajar Bahasa Pemrograman Java?


Mengetahui bab hardware dari komputer merupakan hal yang tidak mendasar dalam mempelajari bahasa pemrograman, namun ini akan membantu anda untuk lebih mengerti efek yang dimiliki oleh perintah aktivitas pada komputer dan komponen lainnya.

Sebuah komputer terdiri dari komponen hardware menyerupai di bawah ini :
  • CPU atau Central Processing Unit
  • Memori
  • Perangkat penimpanan data menyerupai disk dan CD
  • Perangkat input menyerupai keyboard dan mouse
  • Perangkat output menyerupai monitor dan printer.
  • Perangkat komunikasi menyerupai modem dan kartu interface jaringan.
Sebuah komputer diinterkoneksikan dengan suatu sub-sistem yang disebut dengan bus. Bus yaitu suatu jalan atau sistem dimana komponen komputer berjalan, secara sederhana data dan power berjalan di sepanjang bus dari satu bab komputer ke bab lainnya.

CPU (Central Processing Unit)

CPU yaitu otak dari komputer. CPU ini mendapatkan isyarat dari memori dan lalu mengeksekusinya. Bagian ini biasanya mempunyai dua komponen, yaitu :

  • Unit kontrol
  • Unit logika/aritmatika

Unit kontrol akan mengkordinasikan tindakan dari komponen lainnya, sementara itu unit logika/aritmatika akan melaksanakan operasi menyerupai penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, serta operasi logika atau perbandingan.

Sekarang ini, CPU dibentuk dari silicon semikonduktor kecil yang mengandung jutaan transistor untuk memproses informasi.

Setiap komputer juga mempunyai jam internal, yang memancarkan pulsa elektronik dengan laju yang konstan.

Pulsa ini dipakai oleh komputer untuk mengontrol dan mengsinkronisasi kecepatan dari operasi. Semakin tinggi kecepatan jam tersebut, maka akan semakin banyak aktivitas sanggup dihukum dalam suatu periode waktu tertentu.

Unit pengukuran dari kecepatan jam yaitu hertz atau Hz.

1 Hz = 1 pulsa / detik

Pada tahun 1990-an kecepatan CPU hanya berkisar di MHz, namun pada ketika kini ini kecepatan CPU sanggup mencapai ukuran GHz.

Secara orisinil, CPU hanya dikembangkan dengan satu core.

Core yaitu bab dari prosesor yang melaksanakan pembacaan dan mengeksekusi instruksi-instruksi.

Dengan tujuan untuk meningkatkan tenaga pemrosesan CPU, chip kini diproduksi dengan multi-core.

Saat ini para pengguna komputer rata-rata mempunyai 2, 3 atau 4 core terpisah. Mungkin CPU dengan ratusan core juga akan tercipta.

Bits dan Bytes

Bits yaitu binary digit, yang hanya terdiri dari angka 0 dan 1. Proses dalam komputer sesungguhnya hanyalah suatu rangkaian proses on atau off atau dikenal dengan switch on dan switch off.

Jika posisi on maka, mempunyai nilai 1, sementara jikalau posisi off maka mempunyai nilai 0. Semua jenis data menyerupai angka dan huruf di encoded hanya dengan memakai angka 0 dan 1 oleh komputer.

Unit penyimpanan data paling minimum yaitu byte. Satu byte terdiri dari delapan bits. Suatu nilai angka kecil menyerupai angka 2 sanggup disimpan dalam satu byte. Sementara untuk menyimpan angka yang tidak sanggup tersimpan dalam satu byte, komputer akan memakai beberapa byte.

Memori Komputer

Memori komputer terdiri dari urutan perintah untuk menyimpan aktivitas beserta data yang bekerja dengan aktivitas tersebut. Memori yaitu area kerja komputer untuk mengeksekusi program. Program dan datanya terlebih dahulu harus memasuki memori komputer sebelum mereka dihukum oleh CPU.

Setiap bytes dalam memori mempunyai alamat yang unik. Alamat tersebut dipakai sebagai lokasi byte untuk menyimpan dan mendapatkan data.

Karena bytes dalam memori dapat  diakses dengan banyak sekali perintah, memori ini juga disebut dengan RAM.

Saat ini, komputer langsung bisanya rata-rata mempunyai sekurang - kurangnya RAM (Random Acces Memory) 4GB, namun umumnya mempunyai 6GB hingga 8GB yang terinstal.

Seperti CPU, memori komputer juga terbuat dari semikonduktor silikon, dibandingkan dengan CPU chip, maka memori chip lebih sederhana, lebih lambat dan lebih murah, walaupun ini yaitu relatif.


Selanjutnya untuk perangkat penyimpanan, input dan output serta komunikasi, menyerupai USB flashdisk, CD, DVD, keyboard, monitor, wifi, modem,  ketika ini sudah sangat familiar dengan kehidupan kita sehari-hari, baik itu dalam sarana berguru ataupun mengakses hiburan.

Semoga Belajar Bahasa Pemrograman Java: Komponen-komponen Komputer, sanggup menjadi pondasi bagi para pemula untuk melanjutkan ke tahap berikutnya dalam mempelajari bahasa Java.

Belum ada Komentar untuk "Belajar Bahasa Pemrograman Java : Komponen-Komponen Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel