Belajar Java Dasar Jframe

Belajar Java Dasar JFrame

Belajar Java Dasar JFrame - JFrame ialah jendela utama yang kita gunakan untuk menampilkan komponen yang kita inginkan pada layar, atau dengan kata lain, JFrame dipakai untuk mendesain model tampilan yang didalamnya sanggup kita tempatkan komponen-komponen lainnya.
Nampak sederhana bukan? Namun, dibalik kesederhanaanya, bila kita ingin menciptakan GUI, yang pertama kali kita harus kuasai ialah penggunaan JFrame.

Dibawah ini ialah deklarasi  javax.swing.JFrame class:
public class JFrame extends Frame implements WindowConstants, Accessible, RootPaneContainer


Contoh 1 :
import javax.swing.*; /** Package ini mengandung semua Komponen Swing dan Class-class nya,  jadi kita perlu mengimportnya ke dalam program.  */ public class ContohFrameKu { /** Nama class yang dibentuk ialah ContohFrameKu, pada class ini  terdapat 2 method yaitu buatDanTampilkanGUI() dan main(). */           public static void main(String[] args) {                  SwingUtilities.invokeLater(new Runnable() {                    public void run() {                      buatDanTampilkanGUI();                      }          });     } /** Method main(), pastinya sudah familiar dengan method ini yang merupakan methodprimer, dan mulai dari method inilah  progam dieksekusi.Dan instruksi didalamnya lebih menarik, dan  juga sangat penting.Method ini memakai class didalam  package swing untuk menjadwalkan kiprah ketika pengiriman thread.   Tugas ini akan memastikan bahwa GUI akan dibentuk dan ditampilkan  pada layar, dan juga penting bahwa GUI dihukum memakai  method ini, sehingga GUI akan menjadi thread-safe.  Dalam pengertian sederhana, sebuah thread pengeksekusian sanggup  diartikan sebagai kiprah yang dijalankan oleh prosesor. Prosesor  modern sanggup menangani banyak sekali thread sekaligus. Setiap  thread mungkin menggunakan, atau jugamungkin tidak memakai  alamat daerah / memori dan prosesor yang sama.   Ketika GUI menjadi thread-safe, maka GUI ini tidak akan  menjadi lambat atau menghilang ketika sanksi simultan  dari banyak sekali thread terjadi, dan GUI juga tidak akan memonopoli  atau mengontrol sumber yang mungkin sanggup menciptakan thread lainnya  menjadi lambat. Maka penting sekali GUI ditampilkan dengan cara ini.  Jadi, method main () akan memanggil method buatDanTampilkanGUI(), dengan cara yang thread safe. */      private static void buatDanTampilkanGUI() { /** Method buatDanTampilkanGUI()berfungsi untuk menciptakan  JFrame secara aktual. Membuat sebuah JFrame hampir sama  dengan menciptakan objek. String yang kita gunakan sebagai  sebuah argumen ketika kita menciptakan JFrame akan menjadi  judul JFrame tersebut. */                JFrame frame = new JFrame("[=] Selamat Datang Di Pemrograman Java [=]"); /** Objek JFrame dibuat, namun selanjutnya kita perlu  untuk menampilkannya. Secara default lebar dan tinggi  JFrame ialah 0 pixels, tentu saja kita tidak sanggup melihatnya.  Kaprikornus kita harus mengatur ke ukuran sesuai dengan impian kita.  Dan JFrame tersebut mempunyai judul Selamat Datang Di  Pemrograman Java. */                   frame.setSize(400, 100); /** Dengan method setSize(), JFrame diatur dengan ukuran  400pixels (x-axis) dan tinggi 100 pixels (y-axis). */                  frame.setVisible(true); /** Method setVisible() dipakai untuk menyembunyikan dan  menampilkan komponen-komponen dengan cepat.   Secara default, Jframe tidak ditampilkan, dan secara  visual bernilai false. Maka jikalau kita ingin menampilkan  JFrame tersebut, maka kita harus mengatur visual  JFrame tersebut menjadi true.  */              }   }  
Walaupun mungkin instruksi ini terlihat baru, namun jikalau kita telah mengenal basic dari pemrograman Java, maka akan gampang dimengerti.

Output Contoh 1:

 JFrame ialah jendela utama yang kita gunakan untuk menampilkan komponen yang kita ingink Belajar Java Dasar JFrame
JFrame dengan title Selamat Datang Di Pemrograman Java

Sejauh ini, kita telah menciptakan JFrame yang sederhana. Walaupun sah-sah saja menciptakan JFrame menyerupai ini, namun bersama-sama ada beberapa instruksi lagi yang sanggup ditambahakan pada jadwal sebelumnya untuk membuatnya lebih sempurna.

Alasan ada beberapa instruksi yang dihilangkan dari jadwal pola pertama ialah alasannya ialah kode-kode tersebut bersifat semi-opsional. Namun, juga tentunya ada  alasan lain bila ingin tetap memakai kode-kode tersebut.

Contoh 2 :
import javax.swing.*;  public class ContohFrameKuYangBaru{      private static void buatDanTampilkanGUI() {                       JFrame.setDefaultLookAndFeelDecorated(true);         /**Method ini untuk menciptakan settingan default          'Look and Feel'. Secara normal, kita akan memakai          method ini biar tampilan GUI akan tetap konsisten          baik ukuran, posisinya, dan widgetnya.          Walaupun GUI ini dijalankan memakai sistem         operasi yang berbeda-beda.         */            JFrame frame = new JFrame("[=] Selamat Datang Di Pemrograman Java [=]");                  frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);         //Untuk meyakinkan operasi secara default            akan tidak boleh dengan menekan tombol close pada            window-bar, dan akan keluar dari jadwal                 frame.pack();         /**         frame.pack() dipakai untuk mengatur ukuran JFrame          secara otomatis sehingga sanggup menampung semua          widget tanpa mengaturnya secara manual. Karena tidak          ada widget didalamnya, maka ketika          jadwal dijalankan tampilan layar akan kecil sekali.           frame.pack() dipakai ketika LayoutManagers ditempatkan,          sebagai sebuah ukuran minimum yang dipakai untuk banyak          widgets,  (kita melaksanakan ini memakai .setMinimumSize()).          Sampai kita mengetahui bagaimana cara memakai          LayoutManager, tetaplah memakai .setSize() untuk          mengatur ukuran frame secara manual.          */          frame.setVisible(true);     }      public static void main(String[] args) {                        SwingUtilities.invokeLater(new Runnable() {             public void run() {                 buatDanTampilkanGUI();             }         });     } } 

Output Contoh 2:

 JFrame ialah jendela utama yang kita gunakan untuk menampilkan komponen yang kita ingink Belajar Java Dasar JFrame
Ouput Contoh 2

Karena tidak ada widget didalamnya, maka ketika jadwal dijalankan tampilan layar akan kecil sekali.

Demikianlah pembahasan mengenai Belajar Java Dasar JFrame, semoga sanggup menambah pengetahuan anda dan juga bermanfaat, terutama bagi anda yang sedang mempelajari jadwal Java.

Belum ada Komentar untuk "Belajar Java Dasar Jframe"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel