Belajar Java Dasar Manipulasi Jpanel Dengan Mudah
Belajar Java Dasar Manipulasi JPanel Dengan Mudah
Belajar Java Dasar Manipulasi JPanel Dengan Mudah - Ini ialah lanjutan dari Belajar Java Programming JPanel Tingkat Dasar. JPanel tidak hanya sanggup dipakai sebagai layer untuk Content Pane, namun juga sebagai kawasan widget, JPanel ini juga sanggup melaksanakan aneka macam macam hal.Pada kesempatan ini akan diperlihatkan bagaimana dasar JPanel dimanipulasi dengan proses yang cukup simpel namun juga penting untuk diketahui, yaitu dengan menambahkan beberapa panel berwarna pada content pane.
Contoh :
import java.awt.Color; import javax.swing.*; public class ContohPane{ public JPanel membuatContentPane(){ JPanel panelKu = new JPanel(); //Membuat objek JPanel //Objek JPanel ini sebagai layer dasar untuk meletakkan //segala sesuatunya. panelKu.setLayout(null); //JPanel secara normal dikontrol oleh interface yang //disebut LayoutManager yang membantu kita untuk menempatkan //widget dengan cepat. //Untuk dikala ini, widget ditempatkan secara manual, sehingga LayoutManager //pada content pane dibentuk null // Sekarang kita buat panel gres // dan meletakkannya pada JPanel dasar. JPanel panelHijau = new JPanel(); panelHijau.setBackground(Color.green); panelHijau.setLocation(10, 10); panelHijau.setSize(50,50); panelKu.add(panelHijau); JPanel panelMerah = new JPanel(); panelMerah.setBackground(Color.red); panelMerah.setLocation(115, 10); panelMerah.setSize(50, 50); panelKu.add(panelMerah); JPanel panelOrange = new JPanel(); panelOrange.setBackground(Color.orange); panelOrange.setLocation(220, 10); panelOrange.setSize(50, 50); panelKu.add(panelOrange); //setBackground(Color.), untuk mengatur warna background panel //setLocation(), untuk mengatur lokasi panel, default ialah (0,0) //setSize(), untuk mengatur ukuran panel //Untuk menambahkan panel-panel gres ini pada layer //JPanel dasar, secara gampang memakai syntax add(). Karena //bila tidak menambahkan widget pada Content Pane, maka //tidak akan ditampilkan panelKu.setOpaque(true); //Kita set JPanel menjadi Opaque, sebelum mengembalikan JPanel //dasar, sehingga sanggup diset sebagai content pane. return panelKu; //Mengembalikan JPanel //JPanel ini sanggup secara otomatis menyesuaikan ukurannya //untuk menampung semua widget yang diletakkan diatasnya. } private static void buatDanTampilkanGUI() { JFrame.setDefaultLookAndFeelDecorated(true); JFrame frame = new JFrame("Ada JPanel Di Sini!"); ContohPane paneKu = new ContohPane(); frame.setContentPane(paneKu.membuatContentPane()); frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE); frame.setSize(300, 150); frame.setVisible(true); } public static void main(String[] args) { SwingUtilities.invokeLater(new Runnable() { public void run() { buatDanTampilkanGUI(); } }); } }
Output :
Manipulasi JPanel |
Beberapa hal yang penting untuk diingat di sini, JPanel ialah merupakan wadah dan kita sanggup membuatnya bersarang (nested).
Jika kita mempunyai beberapa widget yang perlu ditetapkan dengan urutan tertentu, maka tempatkan widget-widget itu pada JPanel.
Kita sanggup memindahkan JPanel disekitar layar tanpa harus mengubah urutan atau menempatkan widget di dalam JPanel tersebut.
Juga perlu diingat, JPanel tidak benar-benar dipakai untuk menggambar pada layar.
Disini kita hanya mewarnainya, sehingga memudahkan kita untuk memahami penempatan dan mengatur ukuran objek pada layar. Untuk menggambar dalam Swing, ada package terpisah yaitu Graphics2D.
Semoga pembahasan kali ini pada Belajar Java Dasar Manipulasi JPanel Dengan Mudah, sanggup banyak membantu anda untuk memahami dasar GUI pada Java.
Belum ada Komentar untuk "Belajar Java Dasar Manipulasi Jpanel Dengan Mudah"
Posting Komentar