Belajar Java Dasar Sistem Operasi Komputer Dan Fungsinya

Pembahasan mengenai sistem operasi merupakan pengantar dalam berguru Java. Sistem operasi ini merupakan acara yang paling vital untuk mengoperasikan komputer. Beberapa sistem operasi yang terkenal dan familiar dikalangan pengguna komputer diantaranya ialah Windows, Linux, dan Mac OS.

Kenapa sistem operasi ini begitu penting?

Karena acara aplikasi menyerupai browser internet atau pun acara pengolah kata dan perhitungan menyerupai Ms. Word, Ms. Excel, dan banyak sekali jenis acara aplikasi yang mungkin sudah cukup familiar dan sering anda gunakan lainnya tidak akan sanggup berfungsi.

Diagram di bawah ini memperlihatkan hubungan antara hardaware, sistem operasi, acara aplikasi dan pengguna :

Pembahasan mengenai sistem operasi merupakan pengantar dalam berguru Java Belajar Java Dasar Sistem Operasi Komputer Dan Fungsinya
User dan aplikasi mengakses hardware melalui sistem operasi (OS)

Fungsi Sistem Operasi Yang Harus Diketahui Dalam Belajar Java


Terdapat tiga fungsi utama dari sistem operasi, yaitu :

  1. Mengendalikan dan memonitor acara dari sistem.
  2. Mengalokasikan dan menetapkan sumberdaya sistem.
  3. Menjadwalkan pengoperasian.

A. Mengendalikan dan memonitor acara dari sistem

Sistem operasi harus bisa memastikan bahwa banyak sekali acara sanggup berjalan secara simultan, dan tidak saling memperlihatkan gangguan antara satu acara dengan acara lainnya. Karena berkaitan dengan keamana sistem , maka pastikan user dan acara yang mempunyai saluran ialah yang mempunyai wewenang.

Sistem operasi juga harus bisa menjalankan tugas-tugas pengoperasian dasar menyerupai mendapatkan input dari keyboard, mengirim output ke layar monitor, melacak keberadaan file-file atau folder dalam kawasan penyimpanan file, serta mengontrol perangkat lainnya menyerupai printer dan drive disk.

B. Mengalokasikan dan menetapkan sumberdaya sistem

Sistem operasi juga bertanggung jawab mengenai kebutuhan sumberdaya dari acara yang dibutuhkan, menyerupai ukuran RAM, ukuran disk space, grafis, ataupun perangkat untuk input dan outputnya. Serta mengalokasikan dan menetapkan semua sumber yang diharapkan biar progaram sanggup berjalan dengan lancar.

C. Menjadwalkan pengoperasian

Pada ketika kini ini, untuk memperlihatkan kinerja optimal dalam menjadwalkan pengoperasian, sistem operasi ini telah didukung oleh 3 teknik penting, yaitu :
  • Multiprogramming
    Multiprogramming ialah teknik yang mengizinkan beberapa acara sanggup berjalan secara simultan dengan mengembangkan menggunaka CPU yang sama. Sebagai pola dari teknik ini ialah anda sanggup memutar video sementara secara bersamaan anda sanggup mendownload file dari internet.

    Prinsipnya ialah menyerupai diketahui CPU merupakan komponen komputer yang paling cepat jikalau dibandingkan dengan komponen komputer lainnya, oleh alasannya itu pada ketika tidak dipakai atau idle status, contohnya ketika menunggu file final ditransfer atau menunggu respon dari program, maka acara lainnnya sanggup memakai CPU ini untuk beroperasi.

  • Multithreading
  • Multithreading akan memungkinka satu acara sanggup menajalankan banyak sekali kiprah dalam satu waktu. Sebagai pola software pengedit foto sanggup melaksanakan proses editing dan secara simultan menyimpannya ke dalam hardisk.

  • Multiprocessing
  • Multiprocessing ialah sanggup memakai dua atau lebih prosesor secara bahu-membahu untuk melaksanakan sub-tugas, kemudian hasil dari pengoperasian tersebut digabungkan menjadi satu kesatuan untuk memperoleh hasil atau solusi dari keseluruhan kiprah tersebut. Tentu saja hal ini akan menciptakan intruksi yang diberikan pada komputer akan berlangsung lebih cepat. 
Semoga Belajar Pemrograman Java : Sistem Operasi, sanggup menambah pengetahuan dan memperlihatkan isu lebih perihal dunia pemrograman dan membantu anda dalam berguru Java.

Belum ada Komentar untuk "Belajar Java Dasar Sistem Operasi Komputer Dan Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel