Belajar Java Memahami Dasar Method

Belajar Java Memahami Dasar Method

Belajar Java Memahami Dasar Method - Method yaitu kumpulan aneka macam pernyataan yang digabungkan bersama untuk melaksanakan suatu tugas.

Syntax untuk memutuskan method yaitu :

modifier returnValueType namaMethod (list parameter) {
// Body method
}


Contoh method untuk menemukan nilai terbesar dari dua integer yaitu :

public static int angkaMaksimum (int angka1, int angka2){


       int hasil;

       if (angka 1 > angka 2)
          hasil = angka 1;
       else
          hasil = angka 2;

       return hasil;

}


 Method yaitu kumpulan aneka macam pernyataan yang digabungkan bersama untuk melaksanakan su Belajar Java Memahami Dasar Method
Method terdiri dari method header dan body method

Method header memutuskan modifiers, tipe return value, nama method dan parameter dari method.

Suatu method mungkin saja sanggup mengembalikan sebuah nilai atau return value.

Sedangkan returnValueType yaitu tipe data dari nilai yang dikembalikan oleh method. Beberapa method melaksanakan tugasnya tanpa mengembalikan suatu nilai.

Dalam masalah ini, method yang tidak mengembalikan nilai memakai keyword void.  Sebagai pola void method ada pada main method, juga terdapat dalam System.exit() dan System.out.println()

Jika suatu method mengembalikan nilai, disebut dengan value-returning method; sebaliknya kalau tidak mengembalikan nilai disebut dengan void method.

Variabel yang ditetapkan dalam method header dikenal sebagai formal parameter atau sanggup disebut parameter. Parameter sanggup disebut sebagai penampung, yaitu saat method dipanggil, maka kita melewatkan (pass) nilai pada parameter tersebut.Nilai ini disebut sebagai parameter aktual atau argumen. Daftar atau list parameter mengacu pada tipe method, urutan dan jumlah dari parameter.

Method mungkin juga tidak mempunyai parameter, sehingga parameter bersifat opsional, sebagai pola method Math.random() tidak mempunyai parameter.

Body method mempunyai kumpulan pernyataan yang mengimplementasikan method tersebut. Body method dari method angkaMaksimum di atas memakai pernyataan untuk menetukan angka manakah yang lebih besar dan mengembalikan nilai dari angka tersebut.

Dengan tujuan biar  value-returning method mengembalikan sebuah nilai, maka pernyataan pengembalian memakai keyword return diperlukan. Method akan berhenti saat pernyataan return tersebut dieksekusi.


Belum ada Komentar untuk "Belajar Java Memahami Dasar Method"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel