Belajar Java Proses Pengembangan Software

Belajar Java Proses Pengembangan Software

Mengembangkan suatu produk software Java merupakan suatu proses engineering. Pengembangan software ini mempunyai alur yang sama yaitu terdiri dari beberapa tingkatan, hal ini berlaku pada software untuk skala besar ataupun skala kecil. Tingkatan alur proses untuk menyebarkan suatu produk software yaitu :
  • Persayaratan spesifikasi
  • Analisis Sistem
  • Desain Sistem
  • Penerapan
  • Pengujian
  • Distribusi
  • Pemeliharaan
 ini mempunyai alur yang sama yaitu terdiri dari beberapa tingkatan Belajar Java Proses Pengembangan Software
Alur Pengembangan Software Java

A. Persyaratan Spesifikasi

Persayaratan spesifikasi ini merupakan proses yang bersifat formal untuk mencari tujuan dari penggunaan software tersebut dan mendokumentasikan secara detail mengenai apa yang harus dilakukan oleh sistem software tersebut.

Dalam dunia pengembangan software yang nyata, problem terkadang tidak secara terang disampaikan oleh klien. Kaprikornus pengembang harus bekerja lebih bersahabat dengan klien mereka, baik itu dari perusahaan ataupun perseorangan dan mempelajari problem tersebut dengan hati-hati untuk menemukan solusi yang tepat.

B. Analisis Sistem

Sistem analisis bertujuan untuk menganalisa fatwa data dan untuk mengindentifikasi input dan output pada sistem. Ketika anda melaksanakan analisis, sistem analisis ini akan membantu untuk mengidentifikasi output apa yang pertama kali aka keluar, kemudian akan menggambarkan input apa yang diharapkan untuk menghasilkan output tersebut.

C. Desain Sistem

Sistem desain bertujuan untuk mendesain proses untuk memperoleh output dari suatu input. Tahapan ini akan melibatkan banyak level dari konsep abstraction untuk membagi-bagi problem menjadi komponen yang sanggup diatur dan taktik desain untuk menerapkan setiap komponen.

Anda sanggup melihat setiap komponen sebagai suatu sub-sistem yang melaksanakan kiprah tertentu dari sistem. Dasar terpenting untuk desain sistem dan analisis sistem yaitu input, proses dan output.

D. Penerapan

Penerapan melibatkan penterjemahan sistem desain ke dalam program. Program terpisah ditulis untuk setiap komponen dan kemudian diintegrasikan untuk sanggup bekerja sama. Tahapan ini memerlukan penggunaan bahasa pemrograman Java. Penerapan ini juga akan melibatkan coding, pengujian, dan debugging (menemukan error pada arahan pemrograman Java).

E. Pengujian

Pengujian memastikan arahan jadwal Java yang dipakai memenuhi persyaratan dan bebas dari bug. Tim independen yang tidak terlibat dalam penerapan dan desain dari produk, biasanya melaksanakan beberapa pengujian.




F. Distribusi

Distribuasi bertujuan untuk menciptakan software ada untuk sanggup digunakan. Bergantung pada tipe software, maka software ini sanggup diinstal pada setiap mesin dari pengguna atau pun pada server yang sanggup diakses melalui internet.

G. Pemeliharaaan

Pemeliharaan ditekankan pada pemutakhiran dan meningkatkan produk. Suatu produk software harus sanggup berlanjut untuk melaksanakan dan meningkatkan kualitasnya dalam lingkungan yang baru.

Tahap ini memerlukan pemutakhiran bersiklus atau update berkala, semoga bisa untuk menemukan bug terbaru, dan perubahan-perubahan yang mungkin diperlukan.

Belum ada Komentar untuk "Belajar Java Proses Pengembangan Software"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel