Belajar Java Dasar Menampilkan String Untuk Pemula

Belajar Java Dasar Menampilkan String Untuk Pemula

Belajar Java Dasar Menampilkan String Untuk Pemula - Hallo para agan semua, pada kesempatan kali ini kita akan berguru dasar Java programming yaitu menampilkan String. Bagian ini memang sangat dasar, tetapi juga sangat penting untuk dipahami. Apa itu String? Lihat mengenai pembahasannya di sini.

Sebagai perkenalan dalam Java, yang difasilitasi lengkap untuk mendesain program, dan merupakan Pemrograman Berorientasi Objek (Objek Oriented Programming), maka Java yakni bahasa yang 'menyenangkan' bagi pemula untuk dipelajari, dan juga cocok bagi programmer berpengalaman yang membangun sistem info yang besar.

 Belajar Java Dasar Menampilkan String Untuk Pemula Belajar Java Dasar Menampilkan String Untuk Pemula


Selain itu, Java juga sanggup dipakai untuk menciptakan game, aplikasi android, dan juga masih banyak device yang memakai bahasa pemrograman Java.



Setiap kali kita memakai komputer, kita sebetulnya memerintahkan komputer untuk mengeksekusi banyak sekali aplikasi yang melaksanakan kiprah untuk kita.

Misalnya aplikasi email, membantu kita untuk berkirim dan mendapatkan email, dan juga browser internet yang memungkinkan kita untuk berselancar di jagat maya ini.

Programmer komputer menciptakan aplikasi yang disebut dengan jadwal komputer.

Aplikasi Java yakni sebuah jadwal komputer yang dihukum dikala kita memakai perintah java untuk meluncurkan Java Virtual Machine (JVM).

Coding Java Basic Untuk Menampilkan String

Untuk jadwal ini, kita menciptakan atau menampilkan String berupa teks.

Dalam jadwal Java dasar ini, terdapat 3 bab serpihan yaitu :
  • class SelamatDatang1
  • main method
  • System.out.println method

Contoh 1:
//program menampilkan teks  public class SelamatDatang1 {           //main method dimana jadwal mulai dihukum   public static void main(String args []){                   //menampilkan teks    System.out.println("Selamat tiba ke dalam jadwal Java!");    }//akhir main method  }//akhir class SelamatDatang1  

Output Contoh 1 :
Selamat tiba ke dalam jadwal Java!

Untuk jadwal pertama yang sangat sederhana ini, bukan outputnya yang terpenting, namun bagi pemula harus mengetahui apa saja bab dari arahan tersebut di atas, yaitu :

  • Deklarasi class
    public class SelamatDatang1, memulai deklarasi class untuk class SelamatDatang1. Setiap jadwal dalam Java mempunyai sekurang-kurangnya satu class, yang ditetapkan oleh agan, sebagai programmer.

    Keyword class memperkenalkan deklarasi class dalam java yang diikuti dengan nama class nya yaitu SelamatDatang1. Untuk memberi nama class, biasakanlah memakai abjad kapital diawal nama class tersebut, sebagai identitas yang memudahkan kita untuk mengetahui bahwa itu yakni nama class.

  • public static void main(String args [])
    Ini yakni main method, yaitu daerah dimana jadwal mulai dieksekusi. Deklarasi class pada java umumnya mempunyai satu atau beberapa method.
    Untuk sebuah aplikasi Java, harus mempunyai main method tersebut, jikalau tidak, maka JVM tidak akan mengeksekusi jadwal tersebut.

  • System.out.println("Selamat tiba ke dalam jadwal Java!")
    Memerintahkan pada komputer untuk melaksanakan aksi, yaitu menampilkan pesan selamat datang.
    System.out dikenal sebagai standar output untuk objek.

    Ketika System.out.println selesai menjalankan tugasnya, maka posisi kursor output akan berada di awal pada baris selanjutnya.

    Pergerakan kursor ini sama dengan ketika kita menekan tombol Enter dikala menulis memakai Ms. Word.

    ("Selamat tiba ke dalam jadwal Java!"), disebut dengan pernyataan. Setiap pernyataan diakhiri dengan tanda ; atau semikolon dan berada didalam tanda kurung.
Untuk memodifikasi program, sanggup agan lakukan contohnya :

Contoh 2 :
public class SelamatDatang2 {    public static void main(String args []){     System.out.println("Selamat datang");   System.out.println("ke dalam jadwal Java!");    } } 

Output teladan 2 :
Selamat datang
ke dalam jadwal Java!

Contoh 3:
public class SelamatDatang3 {       public static void main (String args []){    System.out.println("Selamat\ndatang\nke dalam\nprogram\nJava!");       } } 

Output Contoh 3:
Selamat
datang
ke dalam
jadwal Java!

Contoh 4:
public class SelamatDatang4 {      public static void main (String args []){    System.out.println("\"Selamat tiba \tke dalam \rprogram \\Java!\"");      } } 

Output Contoh 4:
"Selamat tiba            ke dalam
jadwal \Java!"

Escape Character Pada Program Java

Nah, pada teladan ke 3 dan ke 4, agan niscaya melihat ada escape character yaitu \n, \t, \r,\\,\". Penjelasannya yakni :

  • \n dipakai untuk beralih ke baris baru, dan posisi kursor akan berada di awal baris gres tersebut.
  • \t dipakai untuk menciptakan tab horisontal.
  • \r dipakai untuk memposisikan kursor ke awal pada baris aktual. 
  • \\ untuk menampilkan karakter backslash
  • \" untuk menampilkan tanda petik ganda atau ".
Demikianlah pembahasan mengenai Belajar Java Dasar Menampilkan String Untuk Pemula. Untuk lebih memahaminya, silakan agan coba-coba untuk untuk memodifikasi arahan di atas memakai escape character tersebut.

Baca juga:
Mengapa String immutable pada Java

Belum ada Komentar untuk "Belajar Java Dasar Menampilkan String Untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel