Integrasi Hidangan Utama Netbeans Dengan Unity Global Menu

Bagi pengguna Ubuntu khususnya Ubuntu 11.04 ke atas (yang sudah memakai unity baik sebagai plugins maupun sebagai desktop environment) tentu sudah tidak gila dengan yang namanya Global Menu. Global hidangan memungkinkan hidangan yang ada pada aplikasi kita menghilang dan akan muncul pada panel atas dari desktop ubuntu kita. berikut referensi global hidangan untuk aplikasi firefox.

Global hidangan Firefox
Sebagai java developer,  ketika memakai netbeans, koq hidangan netbeans nya tidak hilang dan masih tetap "nempel" pada netbeans?. Hal ini disebabkan lantaran netbeans belum support Global Menu. Yang jadi pertanyaan yaitu bagaimana semoga hidangan netbeans dapat support global menu? trus apa keuntungannya?

Menu Netbeans dapat di integrasikan dengan Global Menunya Ubuntu, ada library atau plugins untuk netbeans yang memungkinkan Menu utama netbeans terintegrasi dengan global menunya ubuntu. Namanya yaitu "java-swing-ayatana". Silahkan kunjungi website projectnya disini. Keuntungannya yaitu dengan pindahnya hidangan pada tampilan netbeans, otomatis akan menyediakan "ruang" kerja yang lebih luas lagi. sepakat ini perbandingannya:

Dengan Menu Utama:

Tanpa Menu utama:

Oke, kini lanjut dengan cara mengintegrasikan hidangan netbeans dengan global menunya ubuntu.

Langkah pertama:
Download plugins ayatana untuk netbeans. klik disini untuk menuju halaman download ayatana. Download file dengan tipe .nbm yang terbaru (saat artikel ini ditulis versi yang terbaru yaitu versi: 1.2.3.1). tunggu hingga simpulan (tidak lama, ukuran filenya cukup kecil).

Langka kedua:
Buka NetBeans dan klik pada hidangan Tools->Plugin. Pada obrolan Plugins, bukalah tab Downloaded lalu klik pada tombol Add Plugins dan arahkan ke file *.nbm yang telah kita download tadi. Berikut tampilannya:

Langkah ketiga:
Klik tombol Install untuk mulai proses installasi plugins, memerlukan beberapa detik, kalau proses sudah simpulan silahkan reboot NetBeans. Setelah terbuka lagi, maka NetBeans sudah mendukung Global Menu. Berikut tampilannya:


Selesai, selamat kini netbeansnya sudah support Global menu.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk mengunjungi blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Integrasi Hidangan Utama Netbeans Dengan Unity Global Menu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel