Menampilkan Data Di Jtable Yaitu Mimpi Buruk, Benarkah???

Salah satu komponen Swing yang paling sering kita gunakan dalm menciptakan sebuah aplikasi (terutama aplikasi database), yaitu JTable milik Swing. Komponen yang sangat penting ini, mempunyai kemampuan yang luas. baik dari segi tampilan/interface ataupun dari segi data yang ada didalammnya.

Bagi sebagian orang, memakai JTable merupakan mimpi buruk. kesan pertama yang di berikan ketika memakai mengggunakan Jtable itu Rumit, tidak semudah memakai table milik delhpi atau VB.

Mitos diatas tidak sepenuhnya benar, berdasarkan saya, Penggunaannya cukup simple koq, gak percaya ???? Ok klo begitu baca terus semoga percaya.

Sedikit pemberitahuan :):
Jtable hanya berfungsi sebagai Viewer data. artinya data yang bersama-sama tidak disimpan didalam JTable melainkan dalam TableModel. jadi salah klo menerka data yang kita inputkan kedalam JTable disimpan di Jtable.

dengan begitu untuk merubah, menambah, mengambil nilai yang ada di dalam JTable yang dibutuhkan yaitu mengubah TableModel nya saja.

Ilustrasi:
 Salah satu komponen Swing yang paling sering kita gunakan dalm menciptakan sebuah aplikasi  Menampilkan Data di JTable yaitu Mimpi Buruk, Benarkah???

Saran:
Sekedar saran (tanpa bermaksud menggurui), kalo kita akan memakai JTable, terutama kalau data yang akan kita masukan bersifat dinamis,:
  1. Buat Class tersendiri sebagai TableModel. caranya: buat class gres kemudian extendskan AbstractTableModel kemudian implementskan semua Abstract Methodnya.
  2. buat method untuk menambahkan data pada Table Model. misal addDataPegawai(List peg){}, dll.
  3. Supaya temen-temen lebih memahami konsep ini, kayaknya anggun deh kalo temen-temen mempelajari lebih lanjut wacana konsep MVC (model, View, Controller). cari aja deh di mang Google .

Inetnya ga asik jadi Download aja deh Sourcenya trus Acak-acak deh.

 Salah satu komponen Swing yang paling sering kita gunakan dalm menciptakan sebuah aplikasi  Menampilkan Data di JTable yaitu Mimpi Buruk, Benarkah???

Kodenya berisi wacana Memisahkan TableModel dengan Tablenya, Menginputkan macam2 data kedalam Tabel, Mengambil macam2 data dari JTable, menginputkan data dari tabel ke banyak sekali komponen swing lainnya. dan yang lainnya

Belum ada Komentar untuk "Menampilkan Data Di Jtable Yaitu Mimpi Buruk, Benarkah???"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel