Mengenal Sistem Pewarisan Atau Inheritance Di Java

Sama halnya dengan pewarisan pada manusia, pewarisan pada java meupakan penurunan sifat pada suatu class pada class lainnya.Inheritance atau pewarisan pada pemrograman berorientasi objek merupakan suatu korelasi dua buah kelas atau lebih. Dalam hal ini ada kelas yang mempunyai atribut dan metode yang sama dengan kelas lainnya beserta atribut dan metode perhiasan yang merupakan sifat khusus kelas yang menjadi turunannya.

 Sama halnya dengan pewarisan pada insan Mengenal sistem pewarisan atau inheritance di java
Sebagai contoh, misalkan ada sebuah kelas Kotak yang mempunyai kelas turunan Kotak3D:
class Kotak{
private integer panjang;
private integer lebar;
Kotak(){

panjang = 0;
lebar = 0;
}
public integer getPanjang(){

return panjang;
}
public integer getLebar(){
return lebar;
}
}
class Kotak3D extends Kotak{

private integer tinggi;
Kotak3D(){
tinggi = 0;
}
public integer getZ(){

return lebar;
}
}

Keterkaitan antara kelas Kotak dan Kotak3D ialah kelas Kotak3D merupakan kelas turunan dari kelas Kotak. Dalam hal ini kelas Kotak disebut dengan kelas dasar atau super class atau base class sedangkan kelas Kotak3D disebut sebagai kelas turunan atau derived class atau subclass.Pada pola di atas, ketika kelas Kotak3D dibentuk objeknya maka objek tersebut sanggup memakai metode yang ada pada kelas Kotak walau pada isyarat programnya metode itu tidak dituliskan, misalkan sebagai berikut:
Kotak3D p = new Kotak3D();
integer x = p.getPanjang();
integer y = p.getLebar();
integer z = p.getTinggi();

Keuntungan dari pewarisan ialah tidak perlu mengutak-atik isyarat kelas yang membutuhkan perhiasan atribut atau metode saja, alasannya ialah tinggal menciptakan kelas turunannya tanpa harus mengubah isyarat kelas dasarnya.

Kelas dasar akan mewariskan semua atribut dan kodenya kecuali konstruktor dan destruktor yang mempunyai izin saluran public dan protected ke kelas turunannya dengan izin saluran yang sama dengan pada kelas dasar.Ketika sebuah kelas turunan dibentuk objeknya dikala eksekusi, maka secara implisit konstruktor kelas dasar dipanggil terlebih dahulu gres lalu konstruktor kelas turunan dijalankan. Begitu juga dikala objek dimusnahkan maka secara destruktor kelas turunan akan dijalankan gres lalu destruktor kelas dasar dijalankan.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Sistem Pewarisan Atau Inheritance Di Java"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel