Library Untuk Menciptakan Diagram (Chart) Pada Aplikasi Berbasis Web

Penggunaan Sistem Informasi berbasis web (baik Java maupun PHP) sangat pesat. terutama dengan terus berkembangya teknologi ketika ini. Sesuai dengan definisi Sistem informasi, sebuah sistem harus sanggup memperlihatkan warta dan data yang dibutuhkan serinci mungkin, namun dalam form bentuk yang sesederhana mungkin.

Untuk menampilkan data, biasanya kita memakai Tabel sebagai media untuk menampilkan data, namun dalam tabel biasanya terdapat begitu banyak warta yang mengakibatkan (kadang-kadang) susah untuk di cerna. Untuk itu biasanya dipakai diagram sebagai alat menampilkan data. Diagram merupakan bentuk gambar yang menyatakan (berupa) data-data berfungsi menjelaskan , atau menandakan sesuatu hal.

 Penggunaan Sistem Informasi berbasis web  Library untuk menciptakan Diagram (Chart) pada Aplikasi Berbasis Web
Contoh Library dari www.highcharts.com/

Sebagai programmer (baik java maupun PHP) tentunya mau tidak mau kita dituntut untuk sanggup mengakomodasi hal ini (menambahkan komponen Chart/Diagram pada Aplikasi). Untuk itu berikut ini aku berikan beberapa librari yang sanggup dipakai untuk menambakan chart/diagram pada aplikasi Web (saya tidak sebutkan untuk aplikasi php, alasannya yaitu beberapa library yang aku sebutkan sanggup juga dipakai untuk ASP, JSP, dan yang lainnya).

Saya tidak akan membahas secara semuanya, aku akan menyebutkan yang sering aku gunakan saja.

Library Diagram dengan Javascript

Google Chart Tools merupakan salah satu library favorit saya. selain alasannya yaitu penggunaannya yang cukup mudah, referensinya pun sangat lengkap. berbagai kelebihan dari library ini, supaya lebih terang silahkan kunjungi pribadi di https://developers.google.com/chart/



jqPlot merupakan salah satu library yang memakai JQuery sebagai penunjangnya. jqPlot menghasilkan garis yang indah, bar dan grafik pie dengan banyak fitur yang sanggup di eksplor. Site: http://www.jqplot.com/


Wuih, librari yang satu ini aku rasa gak perlu panjang lebar menjelaskanya, pokok nya mantep deh, silahkan pribadi kunjungi websitenya pribadi http://www.highcharts.com/



Library Diagram dengan Flash 

Terus terang aku kurang suka memakai flash dalam aplikasi aku alasannya yaitu cukup memakan sumber daya. Namun Library yang satu ini menciptakan aku jatuh hati (hahaha), selain alasannya yaitu kemudahannya, diagram yang digasilkannya juga sangat menarik (eye catching). Site: http://teethgrinder.co.uk/open-flash-chart/

Site:  Klik Disini


Library Diagram dengan PHP

Berikut Beberapa Library yang memakai GD extension. (untuk memakai library ini GD extension nya harus di set aktif dulu)





Pada kesannya selengkap apapun, semudah apapun, saran aku gunakannlah yang sesuai dengan aplikasi yang sedang kita kembangkan, dan yang dokumentasinya lengkap supaya tidak mengakibatkan kesulitan dikemudian hari.

Mudah-mudahan kedepan aku sanggup posting bagaimana cara membuat/dan memakai library-library diatas.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk mengunjungi blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Library Untuk Menciptakan Diagram (Chart) Pada Aplikasi Berbasis Web"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel