Belajar Java Class Dan Objek

Setelah sebelumnya mengetahui wacana array baik itu satu dimensi ataupun dua dimensi dan tiga dimensi (multidimensi), maka selanjutnya yaitu mengenai dasar dari OOP (Object Oriented Programming). Pemrograman berorientasi objek  merupakan pemrogaman yang melibatkan objek. Objek tersebut di hasilkan dari class. Makara class itu bisa dikatakan sebagai template, cetak biru atau bahkan kontrak yang memutuskan data field atau method dari objek tersebut.

Setelah sebelumnya mengetahui wacana array baik itu  Belajar Java Class Dan Objek


Sementara itu, objek itu sendiri memiliki:
  • Identitas yang unik
  • State atau properties atau atribut yang direpresentasikan oleh data field dengan nilai tertentu.
  • Perilaku atau agresi yang bisa ditetapkan dengan method.
Hubungan antara class dan objek yaitu menyerupai resep menciptakan roti cokelat dan roti cokelat itu sendiri sebagai bentuk konkritnya, dan anda sanggup menciptakan sebanyak apapun roti cokelat dari satu buah resep.

Lihat referensi di bawah ini:

public class PersegiPanjang {

}


Dikarenakan class merupakan cetak biru atau template, maka kita bisa menciptakan objek persegi panjang dari class PersegiPanjang yang mempunyai atribut dan kemampuan atau method menyerupai pada class Persegi Panjang. Berapa banyak objek yang bisa dibuat? Sebanyak apapun yang anda mau.

Sekarang coba pikirkan apa yang dimiliki oleh persegi panjang, yang gampang saja, contohnya persegi panjang itu mempunyai panjang dan lebar dengan nilai tertentu. Maka nilai ini disebut dengan state atau properties atau atribut yang direpresentasikan oleh data field.

Contoh:

public class PersegiPanjang {

double panjang = 12.5; //ini yaitu data field
double lebar = 8.7; //ini yaitu data field


}

Kemudian, apa yang bisa dilakukan oleh objek persegi panjang? Misalnya objek persegi panjang nantinya bisa menghitung luas dan menghitung keliling, ini merupakan agresi atau sikap atau method.

Lihat referensi di bawah ini:
public class PersegiPanjang {

double panjang = 12.5; //ini yaitu data field
double lebar = 8.7; //ini yaitu data field

//Method untuk menghitung luas 
void hitungLuas(){
        double luas = panjang * lebar;
        System.out.println("Luas persegi panjang adalah: " + luas);
      
    }
  

 //Method untuk menghitung keliling
 void hitungKeliling(){
        double keliling = 2 * panjang + 2 * lebar;
        System.out.println("Keliling persegi panjang adalah: " + keliling);
      
    }


}


Ok, jadi nanti objek yang dibentuk atau istilahnya instance mempunyai data field dan sanggup memakai method yang ada pada class PersegiPanjang.

Lantas bagaimana cara menciptakan atau istilahnya instantiantion suatu objek?

Praktis saja, yaitu dengan memakai operator new:

PersegiPanjang persegiPanjang = new PersegiPanjang();

persegiPanjang yaitu variabel referensi objek, jadi bisa dibilang menyerupai remote control, untuk mengendalikan objek. Terus berada di mana objeknya? Objek dalam Java berada di suatu daerah yang disebut dengan heap.

Terus bagaimana anda mengendalikan objek memakai variabel referensi objek atau remote control semoga objek tersebut melaksanakan apa yang kita mau? Praktis saja, gunakan tanda titik atau operator dot.

Misalkan anda ingin semoga objek tersebut bisa menghitung luas dan keliling persegi panjang, maka bisa di tulis:

persegiPanjang.hitungLuas();
persegiPanjang.hitungKeliling();

Satu class lagi dibentuk untuk menguji objek tersebut yang dinamakan contohnya class TesPersegiPanjang yang mempunyai main method untuk menjalankan program.

Contoh agenda lengkap:

 1  2  3  4  5  6  7  8  9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19
public class PersegiPanjang {   double panjang = 12.5; //ini yaitu data field  double lebar = 8.7; //ini yaitu data field  //Method untuk menghitung luas  void hitungLuas() {   double luas = panjang * lebar;   System.out.println("Luas persegi panjang adalah: " + luas);   }   //Method untuk menghitung keliling  void hitungKeliling() {   double keliling = 2 * panjang + 2 * lebar;   System.out.println("Keliling persegi panjang adalah: " + keliling);   }  } 





class TesPersegiPanjang untuk mendemonstrasikan:

 1  2  3  4  5  6  7  8  9 10 11 12 13
public class TesPersegiPanjang {    public static void main (String args []){      //Membuat objek persegi panjang   PersegiPanjang persegiPanjang = new PersegiPanjang();      //Mememerintahkan objek untuk menghitung luas dan keliling   persegiPanjang.hitungLuas();   persegiPanjang.hitungKeliling();  }  } 

Output:
Luas persegi panjang adalah: 108.74999999999999
Keliling persegi panjang adalah: 42.4

Belum ada Komentar untuk "Belajar Java Class Dan Objek"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel