Variabel Instance, Set Method Dan Get Method

Sebuah class pada umumnya terdiri dari satu atau beberapa method yang memanipulasi atribut yang dimiliki oleh objek tertentu dari class. Atribut direpresentasikan sebagai variabel-variabel di dalam deklarasi class.

Variabel-variabel itu disebut juga dengan fields dan dideklarasikan di dalam deklarasi class, namun diluar dari bodi method yang dideklarasikan dalam class tersebut, sedangkan untuk variabel yang dideklarasikan di dalam method disebut juga dengan variabel lokal.


Sebuah class pada umumnya terdiri dari satu atau beberapa  Variabel instance, set method dan get method

Ketika setiap objek dari suatu class mengelola salinan dari atribut itu sendiri, field yang merepresentasikan atribut itu disebut juga dengan variabel instance, dan setiap objek dari class mempunyai variabel instance yang terpisah di dalam memori.

Lihat pola di bawah ini:

public class Buah {    private String namaBuah;//variabel instance      //Method untuk setting nama buah  public void setNamaBuah(String nama) {   namaBuah = nama;//Menyimpan nama buah  }   //Method untuk mengembalikan nama buah  public String getNamaBuah() {   return namaBuah;//Mengembalikan nama buah  }    //Method menampilkan nama buah  public void tampilkanNamaBuah(){   System.out.printf("Ini yaitu buah %s", getNamaBuah());  }  } 

Pada isyarat di atas, line 3 yaitu deklarasi untuk variabel instance. Maka setiap objek dari class Buah, akan mempunyai satu salinan dari setiap variabel instance. Sebagai contoh, kalau terdapat 3 objek dari class Buah, maka setiap objek akan mempunyai salinannya sendiri dari namaBuah.

Terus apa manfaatnya mempunyai variabel instance?

Dengan variabel instance, maka setiap method dari class (dalam hal ini class Buah) sanggup memanipulasi setiap variabel instance yang ada pada class tersebut (dalam hal ini namaBuah).

Method setNamaBuah dan getNamaBuah (set dan get method)

Method set dan get ini terkait dengan salah satu konsep pemrograman Java, yaitu Encapsulation.

Pada method setNamaBuah di line 7-9, method ini tidak mengembalikan nilai data apapun dikala menuntaskan tugasnya, dengan kata lain ini yaitu tipe void.

Method ini mendapatkan satu parameter, yaitu nama, yang merepresentasikan nama buah yang akan di pass-kan pada method sebagai argumen.

Sedangkan method getNamaBuah, pada line 12- 14, akan mengembalikan nilai dari namaBuah yang dimiliki oleh objek tertentu dari class Buah.

Method ini tidak mempunyai parameter, maka tidak memerlukan gosip pemanis untuk melakukan tugasnya. Method getNamaBuah akan mengembalikan nilai spesifik dalam tipe String

Pernyataan return pada line 13, akan melewatkan nilai dari variabel instance namaBuah kembali ke pernyataan yang memanggil method getNamaBuah.

Untuk method tampilkanNamaBuah, pada line 17-19, method ini akan memanggil method getNamaBuah, dan dikala nilainya dikembalikan, maka nilai tersebut akan dipakai untuk ditampilkan, lihat line 18.

Membuat class TestBuah Untuk Mendemonstrasikan class Buah


Untuk mendemonstrasikan class Buah, anda sanggup menciptakan satu class lagi dengan nama contohnya TestBuah. Seperti pola di bawah ini:
import java.util.Scanner; public class TestBuah {    public static void main (String args []){      Scanner input = new Scanner (System.in);      Buah buah_1 = new Buah();//membuat objek dari class Buah      //Menampilkan inisialisasi awal nama buah   System.out.printf("Inisialisasi awal nama buah adalah: %s\n\n",         buah_1.getNamaBuah());      //membuat prompt untuk memasukkan nama buah   System.out.println("Masukkan nama buah: ");   String nama = input.nextLine();      buah_1.setNamaBuah(nama);//Setting nama buah   System.out.println();      buah_1.tampilkanNamaBuah();//Menampilkan nama buah  }  } 





Contoh output:
Inisialisasi nama buah adalah: null

Masukkan nama buah:
Anggur

Ini yaitu buah Anggur


Mungkin anda bertanya, kenapa pada inisialisasi nama buah menawarkan nilai null?

Karena tidak menyerupai variabel lokal yang tidak secara otomatis diinisialisasi, setiap field mempunyai nilai defaultnya sendiri, dengan kata lain yaitu nilai yang disediakan oleh Java dikala anda tidak menetapkan nilai inisial dari field tersebut.

Oleh alasannya yaitu itu, field tidak memerlukan inisialisasi secara eksplisit terlebih dahulu sebelum dipakai dalam program. Sebagai pola di atas, nilai default untuk tipe String yaitu null.


Belum ada Komentar untuk "Variabel Instance, Set Method Dan Get Method"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel