Belajar Menciptakan Game 2D Dengan Java Dan Netbeans: Bab I

Halo guys, kali ini admin ingin membuatkan tutorial dasar menciptakan game dengan aktivitas Java memakai Netbeans.

Belajar menciptakan game Java ini benar-benar dari nol atau dalam bahasa kerennya “from scratch”. Sebenarnya penggunaan Netbeans tidak wajib, kalau teman-teman suka memakai IDE yang lain ibarat Eclipse juga tidak masalah.

Berbeda ketika menciptakan game memakai game engine yang sudah mempunyai banyak kemudahan ibarat Unity. Belajar menciptakan game dari dasar membutuhkan koding dari awal. Tapi manfaatnya yaitu anda dapat lebih memahami kode-kode Java tersebut. Asyik, kan?.

Jika sebelumnya anda pernah menjalankan instruksi Java untuk sebuah game, tapi tidak mengetahui maksud dari kode-kode tersebut, dan anda ingin mencari tahu, berarti anda mempunyai semangat untuk terus berkembang.

Well, jadi kita mulai dari mana ya? Tenang dulu, kini pertanyaannya adalah, “Apakah anda sudah mengetahui mengenai dasar pemrograman Java?”.

Bila ya, anda dapat lanjut. Bila belum, saran admin sih, ini cuma saran lho,  lebih baik mengetahui dasar-dasar coding Java terlebih dahulu sebelum masuk ke tutorial menciptakan game 2D ini, setidaknya sudah memahami mengenai class dan objek. Karena di sini admin tidak akan menunjukkan klarifikasi ulang mengenai basic aktivitas Java.

Anda akan lebih difokuskan pada pembuatan game dengan Java, dan membahas mengenai bahan dasar ibarat window, graphis, render, dan masih banyak lagi. Nanti dari sini, anda dapat lebih gampang memahami framework Java lintas platform untuk game ibarat LibGDX.

Untuk persiapannya anda dapat memakai belajar Java Netbeans untuk pemula.

Membuat Project di Netbeans


Oke, eksklusif saja, anda dapat menciptakan project gres dengan di Netbeans, dapat di beri nama Game Java.
  1. Buka IDE Netbeans, pilih File, kemudian Pilih New Project

  2. Kemudian akan muncul jendela gres dan pada bab Categories pilih Java, terus untuk Projects pilih Java application. Kemudian pilih Next.
  3.  kali ini admin ingin membuatkan tutorial dasar menciptakan game dengan aktivitas Java memakai  Belajar Membuat Game 2D Dengan Java dan Netbeans: Bagian I



  4. Setelah itu masukkan pada text field Project Name, yaitu Game Java. Sementara itu untuk Project Location dan Project Folder anda dapat menentukannya sendiri , di direktori mana anda akan menyimpan project tersebut dan pada folder yang anda tentukan. Jangan beri checklist pada checkbox Create Main Class.
  5.  kali ini admin ingin membuatkan tutorial dasar menciptakan game dengan aktivitas Java memakai  Belajar Membuat Game 2D Dengan Java dan Netbeans: Bagian I

  6. Setelah itu,pilih Finish.

Membuat Package dan Class

Setelah project gres dibentuk dengan nama Game Java, kemudian di dalam project tersebut anda dapat menciptakan package. Penggunaan package ini bertujuan untuk memudahkan pengorganisiran class-class Java. Terutama jikalau suatu ketika nanti anda bekerja dengan project yang besar.

  1. Klik kanan pada project, dalam hal ini yaitu Game Java. Kemudian pilih New, kemudian pilih Package.

  2. Masukkan nama package, di sini aku memberinya nama com.bahasajava.gamejava, kemudian tekan Finish.
  3.  kali ini admin ingin membuatkan tutorial dasar menciptakan game dengan aktivitas Java memakai  Belajar Membuat Game 2D Dengan Java dan Netbeans: Bagian I
  4. Setelah itu klik kanan pada package com.bahasajava.gamejava, pilih New, pilih Java Class. Beri nama class tersebut Main. Kemudian tekan Finish.

  5.  kali ini admin ingin membuatkan tutorial dasar menciptakan game dengan aktivitas Java memakai  Belajar Membuat Game 2D Dengan Java dan Netbeans: Bagian I
  6. Class Main ini akan bertanggung jawab penuh untuk start up game yang anda buat. Oleh alasannya yaitu itu, silakan beri main method pada class tersebut. Main method ini yaitu daerah pengeksekusian aktivitas dalam hal ini game. 

  7.  kali ini admin ingin membuatkan tutorial dasar menciptakan game dengan aktivitas Java memakai  Belajar Membuat Game 2D Dengan Java dan Netbeans: Bagian I


Oke, hingga di sini dulu ya, selanjutnya anda akan masuk kedalam pembuatan window untuk game dan juga pembuatan class-class lainnya.

Baca juga:
Bagian II
Bagian III

Belum ada Komentar untuk "Belajar Menciptakan Game 2D Dengan Java Dan Netbeans: Bab I"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel