Belajar Menciptakan Game 2D Dengan Java Dan Netbeans Bab Ii: Window
Hai guys, pada bagian I dari belajar menciptakan game 2D dengan Java dan Netbeans anda sudah mempunyai sebuah class dengan nama Main, yang berada di dalam package com.bahasajava.gamejava.
Selanjutnya, kini anda akan menampilkan window pada layar memakai JFrame.
Karena class Main hanya dipakai untuk menjalankan game saja, maka untuk tujuan ini kita dapat menciptakan class baru.
Ketika anda melihat foto yang memakai bingkai atau frame, anda dapat mengetahui kalo foto itu terdiri dari frame yang menampung kertas foto. Selanjutnya kertas foto itu yang dipakai untuk menempatkan gambar.
Apa hubungannya dengan ini?
Baca pelan-pelan ya, biar gampang di pahami...
Dalam Java, ketika anda ingin menggambar atau menempatkan objek gambar maka anda membutuhkan area kosong yang dapat melakukannya. Dan, untuk menampilkan gambar dan area kosong itu, anda juga membutuhkan objek container atau wadah atau frame yang dapat menampung semuanya.
Java telah menyediakan banyak class-class yang sangat mempunyai kegunaan untuk mendukung aktivitas apapun yang anda buat.
Anda dapat memakai class Canvas yang merupakan representasi area blank berbetuk persegi untuk meletakkan gambar yang dapat berenteraksi dengan user. Nah, objek Canvas itu ialah menyerupai kertas foto kosong dan harus di simpan memakai wadah atau container, semoga nantinya dapat ditampilkan.
Sedangkan yang bertindak sebagai wadah atau container ialah objek dari komponen Swing yaitu JFrame. Dalam Java, JFrame dan Canvas ini mempunyai banyak sekali method dan properti, sama mirip class-class Java lainnya termasuk class yang anda buat nanti.
Sekarang inilah tujuan anda, hanya menampilkan window blank dengan ukuran tertentu sebagai arena game nantinya, tanpa canvas.
Untuk itu anda butuh class yang dapat menghasilkan objek yang dapat melakukannya.
Ok, ikuti langkah berikut:
Selanjutnya, kini anda akan menampilkan window pada layar memakai JFrame.
Karena class Main hanya dipakai untuk menjalankan game saja, maka untuk tujuan ini kita dapat menciptakan class baru.
Membuat Class Untuk Menampilkan Window
Tapi, semoga gampang dipahami, admin rasa kita harus mencar ilmu dari analogi.Ketika anda melihat foto yang memakai bingkai atau frame, anda dapat mengetahui kalo foto itu terdiri dari frame yang menampung kertas foto. Selanjutnya kertas foto itu yang dipakai untuk menempatkan gambar.
Apa hubungannya dengan ini?
Baca pelan-pelan ya, biar gampang di pahami...
Dalam Java, ketika anda ingin menggambar atau menempatkan objek gambar maka anda membutuhkan area kosong yang dapat melakukannya. Dan, untuk menampilkan gambar dan area kosong itu, anda juga membutuhkan objek container atau wadah atau frame yang dapat menampung semuanya.
Java telah menyediakan banyak class-class yang sangat mempunyai kegunaan untuk mendukung aktivitas apapun yang anda buat.
Anda dapat memakai class Canvas yang merupakan representasi area blank berbetuk persegi untuk meletakkan gambar yang dapat berenteraksi dengan user. Nah, objek Canvas itu ialah menyerupai kertas foto kosong dan harus di simpan memakai wadah atau container, semoga nantinya dapat ditampilkan.
Sedangkan yang bertindak sebagai wadah atau container ialah objek dari komponen Swing yaitu JFrame. Dalam Java, JFrame dan Canvas ini mempunyai banyak sekali method dan properti, sama mirip class-class Java lainnya termasuk class yang anda buat nanti.
Sekarang inilah tujuan anda, hanya menampilkan window blank dengan ukuran tertentu sebagai arena game nantinya, tanpa canvas.
Untuk itu anda butuh class yang dapat menghasilkan objek yang dapat melakukannya.
Ok, ikuti langkah berikut:
- Pada project Game Java yang sudah anda buat sebelumnya, buatlah package gres dengan nama com.bahasajava.gamejava.gamedisplay
- Pada package gres tersebut buat sebuah class dengan nama GameDisplay
Tulis isyarat berikut ini pada class GameDisplay:
Dan untuk sekedar mengujinya, tulis isyarat berikut pada class Main:
Sekarang, jalankan programnya atau tekan shortcut F6. Semoga anda memperoleh hasil mirip gambar di bawah ini:
Jika sudah, anda sudah berhasil menciptakan frame window, maka selanjutnya anda akan menempatkan canvas pada window tersebut, sebagai daerah meletakkan gambar.
Ok, hingga di sini dulu ya, lebih baik tahap-demi tahap tutorialnya semoga lebih gampang dipahami.
Baca juga:
Bagian I
Bagian III
package com.bahasajava.gamejava.gamedisplay; import java.awt.Canvas; import javax.swing.JFrame; public class GameDisplay { private JFrame frame;//sebagai container komponen lainnya private int lebar, tinggi;//dalam ukuran piksel private String judul; //Constructor public GameDisplay(String judul, int lebar, int tinggi){ this.judul = judul; this.lebar = lebar; this.tinggi = tinggi; buatGameDisplay();//Memanggil method buatGameDisplay() } private void buatGameDisplay(){ frame = new JFrame(judul);//Mengatur judul frame.setSize(lebar, tinggi);//Mengatur ukuran lebar dan tinggi window frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);//Agar window di close tepat frame.setResizable(false);//Agar ukuran window tidak dapat di ubah frame.setLocationRelativeTo(null);//Agar window berada ditengah layar frame.setVisible(true);//Agar window terlihat dikala ditampilkan } }
Dan untuk sekedar mengujinya, tulis isyarat berikut pada class Main:
package com.bahasajava.gamejava; import com.bahasajava.gamejava.gamedisplay.GameDisplay; public class Main { //main method public static void main(String[] args) { new GameDisplay("My Java Game", 640, 360);//membuat objekGameDisplay dengan constructor } }
Sekarang, jalankan programnya atau tekan shortcut F6. Semoga anda memperoleh hasil mirip gambar di bawah ini:
Jika sudah, anda sudah berhasil menciptakan frame window, maka selanjutnya anda akan menempatkan canvas pada window tersebut, sebagai daerah meletakkan gambar.
Ok, hingga di sini dulu ya, lebih baik tahap-demi tahap tutorialnya semoga lebih gampang dipahami.
Baca juga:
Bagian I
Bagian III
Belum ada Komentar untuk "Belajar Menciptakan Game 2D Dengan Java Dan Netbeans Bab Ii: Window"
Posting Komentar