Cara Menampilkan List File Dari Suatu Direktori Dengan Java

Halo gan, pada kesempatan kali ini akan dibahas cara untuk mengetahui list file dari suatu direktori. Untuk melaksanakan ini, anda sanggup memakai method dari class File, yaitu:

public File[] listFiles()

Method ini akan mengembalikan array dari pathname ajaib yang mengatakan file dalam direktori yang ditandai dengan pathname ajaib ini. Jika pathname ajaib ini tidak mengatakan direktori, maka method ini akan mengembalikan null.


 pada kesempatan kali ini akan dibahas cara untuk mengetahui list file dari suatu direktor Cara Menampilkan List File Dari Suatu Direktori Dengan Java

Sebenarnya apa itu pathname abstrak?

Jika anda membaca Java API lalu pada bab dokumentasi mengenai class File yang terdapat pada package java.io maka pada beberapa method-methodnya ada istilah pathname ajaib (abstract pathname). Ini akan membingungkan awalnya, tapi penting juga untuk diketahui sebenarnya.
Pathname ajaib yakni objek dari class java.io.File dan string pathname yakni objek java.lang.String. Keduanya mereferensikan file yang sama yang terdapat pada disk.

Contoh agenda menampilkan list file dari suatu direktori

Misalkan pada direktori C:\bahasajavacom\, terdapat file:
  • myfile.docx (Word)
  • myfile.txt (Text)
  • myfile.xlxs (Excel)
Maka untuk menampilkan file-file tersebut pada konsol:

package com.bahasajava.io;  import java.io.File; import java.io.IOException;  public class MenampilkanFileDirektori {          private static akibat String DIR = ("C:\\bahasajavacom");          public static void main(String[] args) {                File file = new File(DIR);                 File [] myFiles = file.listFiles();        System.out.println("List file dari direktori " + DIR + " adalah:");         //foreach loop         for(File files : myFiles){             try {                 System.out.println(files.getCanonicalPath());             } catch (IOException ex) {                 ex.printStackTrace();             }         }     }              } 

Output:
List file dari direktori C:\bahasajavacom adalah:
C:\bahasajavacom\myfile.docx
C:\bahasajavacom\myfile.txt
C:\bahasajavacom\myfile.xlsx

Demikianlah cara menamilkan isi direktori dengan mengguanakan agenda Java. Semoga teladan yang praktis ini sanggup lebih gampang dipahami.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menampilkan List File Dari Suatu Direktori Dengan Java"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel