Cara Membandingkan String Pada Java

Seperti sudah anda ketahui sebelumnya bahwa String merupakan class yang istimewa pada java dan terdapat beberapa alasan mengapa String tersebut immutable. Terkadang dalam pemrograman Java kita memerlukan untuk membandingkan dua buah String. Kali ini kita memakai method:
  • compareTo()
  • equals()
  • equalsIgnoreCase()
  • compareToIgnoreCase()

Seperti sudah anda ketahui sebelumnya bahwa String merupakan class yang istimewa pada java Cara Membandingkan String Pada Java

Menggunakan method compareTo(), equals(), equalsIgnoreCase(), dan compareToIgnoreCase()


a) compareTo()


Method compareTo() akan membandingkan nilai String secara leksikografis dan akan mengembalikan nilai berupa integer yang akan menjelaskan apakah string pertama yang dibandingkan tersebut lebih kecil, setara ataupun lebih besar dari string kedua.

Setiap karakter dalam String akan di konversi ke dalam nilai Unicode untuk perbandingan. Jika nilai kedua string setara maka nilai 0 akan dikembalikan dan sebaliknya maka nilai kasatmata atau negatif akan dikembalikan.

Nilai yang dikembalikan akan bernilai kasatmata kalau string pertama secara leksikografis lebih besar dibandingkan dengan string kedua dan kalau sebaliknya maka nilai negatif akan dikembalikan.


Output:

b) equals


Method equals akan membandingkan konten asli dari string. Method ini akan membadingkan equality dari string.


Output:


c) equalsIgnoreCase()


Method ini akan membandingkan dua string dengan persyaratan yang lebih longgar. Kaprikornus selama urutan stringnya sama, walaupun kedua string mempunyai perbedaan penggunaan aksara besar dan aksara kecil, ataupun memakai penulisan 'camel', maka akan tetap bernilai true.

Lihat referensi berikut ini:



Output:





d. compareToIgnoreCase()

Method ini serupa dengan equalsToIgnoreCase(), hanya saja akan mengembalikan nilai menyerupai pada method compareTo.



Output

Belum ada Komentar untuk "Cara Membandingkan String Pada Java"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel