Pemograman Array
Pengenalan Sintaks Array
Tujuan
Tujuan bahan praktikum pada Modul I adalah:
Tujuan bahan praktikum pada Modul I adalah:
1. Mengenal lingkungan pemrograman Java (Eclipse atau NetBeans) baik sebagai maupun sebagai translator/compiler.
2. Mengenal sintaks bahasa pemrograman Java: stuktrur program, deklarasi tipe data sederhana, isyarat I/O untuk tipe data sederhana, verbal dan assignment.
3. Belajar memperbaiki kesalahan sintaks.
TUGAS PRAKTIKUM
Berikut ini terdapat 5 buah pola aktivitas dalam bahasa Java. Praktikan diminta untuk mengetik kembali contoh-contoh aktivitas tersebut dan berguru memperbaiki kesalahan sintaks yang muncul. Langkah-langkah yang harus dilakukan praktikan garis besarnya sebagai berikut:
1. Menjalankan aplikasi Java Netbeans/Euclipse dari Windows
2. Membuat direktori kerja untuk menyimpan aktivitas yang akan di buat/edit.
3. Membuat (create) project gres dan menamakannya dengan MODUL1, selanjutnya project ini akan memuat contoh-contoh aktivitas yang dibuat, minimal 3 dari pola berikut yaitu: hello.java, numerik.java, character.java, boolean.java, dan hitungLSE.java.
4. Membuat aktivitas dengan cara (create) kelas baru.
5. Mengedit program:
1. Menjalankan aplikasi Java Netbeans/Euclipse dari Windows
2. Membuat direktori kerja untuk menyimpan aktivitas yang akan di buat/edit.
3. Membuat (create) project gres dan menamakannya dengan MODUL1, selanjutnya project ini akan memuat contoh-contoh aktivitas yang dibuat, minimal 3 dari pola berikut yaitu: hello.java, numerik.java, character.java, boolean.java, dan hitungLSE.java.
4. Membuat aktivitas dengan cara (create) kelas baru.
5. Mengedit program:
a. Untuk aktivitas hello sebaiknya diketik dari awal sesuai contoh.
b. Untuk aktivitas berikutnya, dengan cara mengcopy-paste template aktivitas yang sudah ada (misalnya dari aktivitas hello.java) supaya proses editing lebih cepat dan mengurangi kesalahan ketik.
6. Memperbaiki kesalahan sintaks: ada kalau pada awal baris muncul symbol tertentu, antara lain :
a. Logo lampu bertanda tanya: berafiliasi dengan penamaan.
b. Tanda seru dalam bulat merah: berafiliasi dengan kesalahan symbol operator (kelebihan, kekurangan, atau ketidaksamaan symbol tersebut dengan seharusnya), misalnya: salah menulis tanda assignment, jumlah symbol epilog blok ‘}’ tidak sama.
c. Dll.
7. Menjalankan program.
b. Untuk aktivitas berikutnya, dengan cara mengcopy-paste template aktivitas yang sudah ada (misalnya dari aktivitas hello.java) supaya proses editing lebih cepat dan mengurangi kesalahan ketik.
6. Memperbaiki kesalahan sintaks: ada kalau pada awal baris muncul symbol tertentu, antara lain :
a. Logo lampu bertanda tanya: berafiliasi dengan penamaan.
b. Tanda seru dalam bulat merah: berafiliasi dengan kesalahan symbol operator (kelebihan, kekurangan, atau ketidaksamaan symbol tersebut dengan seharusnya), misalnya: salah menulis tanda assignment, jumlah symbol epilog blok ‘}’ tidak sama.
c. Dll.
7. Menjalankan program.
LISTING PROGRAM
1. Program Hello.java
package modul1.latihan; public class Hello { public static void main(String[] args) { System.out.println("hello again"); } } |
package modul1.latihan; import java.util.Scanner; public class Numerik { public static void main(String[] args) { float f; double d; long l; int i; Scanner sc = new Scanner(System.in); System.out.print("Bilangan integer: "); i = sc.nextInt(); System.out.println("i: " + i); System.out.print("Bilangan long integer (x>34000): "); l = sc.nextLong(); System.out.println("l: " + l); System.out.print("Bilangan float/desimal: "); f = sc.nextFloat(); System.out.println("f: " + f); System.out.print("Bilangan double: "); d = sc.nextDouble(); System.out.println("d: " + d); } } |
5. Program HitungLSE.java
package modul1.latihan; import java.util.Scanner; public class HitungLSE { public static void main(String[] args) { /* * Membaca panjang dan lebar segiempat menghitung luasnya,lalu mencetak * luas tesrebut ke layar */ float panjang; /* panjang (length) */ float lebar; /* lebar (width) cm */ float luas; /* luas (area) */ Scanner sc = new Scanner(System.in); System.out.println("Berapa panjang segiempat? "); panjang = sc.nextInt(); System.out.println("Berapa lebar segiempat? "); lebar = sc.nextInt(); luas = panjang * lebar; System.out.println("Luas segiempat = " + luas); } } |
Belum ada Komentar untuk "Pemograman Array"
Posting Komentar