Pemograman Array

Pengenalan Sintaks Array

Tujuan
Tujuan bahan praktikum pada Modul I adalah:

1. Mengenal lingkungan pemrograman Java (Eclipse atau NetBeans) baik sebagai maupun sebagai translator/compiler.
2. Mengenal sintaks bahasa pemrograman Java: stuktrur program, deklarasi tipe data sederhana, isyarat I/O untuk tipe data sederhana, verbal dan assignment.
3. Belajar memperbaiki kesalahan sintaks.

TUGAS PRAKTIKUM

Berikut ini terdapat 5 buah pola aktivitas dalam bahasa Java. Praktikan diminta untuk mengetik kembali contoh-contoh aktivitas tersebut dan berguru memperbaiki kesalahan sintaks yang muncul. Langkah-langkah yang harus dilakukan praktikan garis besarnya sebagai berikut:
1. Menjalankan aplikasi Java Netbeans/Euclipse dari Windows
2. Membuat direktori kerja untuk menyimpan aktivitas yang akan di buat/edit.
3. Membuat (create) project gres dan menamakannya dengan MODUL1, selanjutnya project ini akan memuat contoh-contoh aktivitas yang dibuat, minimal 3 dari pola berikut yaitu: hello.java, numerik.java, character.java, boolean.java, dan hitungLSE.java.
4. Membuat aktivitas dengan cara (create) kelas baru.
5. Mengedit program:
a. Untuk aktivitas hello sebaiknya diketik dari awal sesuai contoh.
b. Untuk aktivitas berikutnya, dengan cara mengcopy-paste template aktivitas yang sudah ada (misalnya dari aktivitas hello.java) supaya proses editing lebih cepat dan mengurangi kesalahan ketik.
6. Memperbaiki kesalahan sintaks: ada kalau pada awal baris muncul symbol tertentu, antara lain :
a. Logo lampu bertanda tanya: berafiliasi dengan penamaan.
b. Tanda seru dalam bulat merah: berafiliasi dengan kesalahan symbol operator (kelebihan, kekurangan, atau ketidaksamaan symbol tersebut dengan seharusnya), misalnya: salah menulis tanda assignment, jumlah symbol epilog blok ‘}’ tidak sama.
c. Dll.
7. Menjalankan program.

LISTING PROGRAM

1. Program Hello.java
package modul1.latihan;

public class Hello {
public static void main(String[] args) {
System.out.println("hello again");
          }
}


2. Program Numerik.java


package modul1.latihan;



import java.util.Scanner;



public class Numerik {
public static void main(String[] args) {
float f;
double d;
long l;
int i;
Scanner sc = new Scanner(System.in);
System.out.print("Bilangan integer: ");
i = sc.nextInt();
System.out.println("i: " + i);
System.out.print("Bilangan long integer (x>34000): ");
l = sc.nextLong();
System.out.println("l: " + l);
System.out.print("Bilangan float/desimal: ");
f = sc.nextFloat();
System.out.println("f: " + f);
System.out.print("Bilangan double: ");
d = sc.nextDouble();
System.out.println("d: " + d);
   }
}

5. Program HitungLSE.java
package modul1.latihan;
import java.util.Scanner;
public class HitungLSE {
public static void main(String[] args) {
/*
* Membaca panjang dan lebar segiempat menghitung
luasnya,lalu mencetak
* luas tesrebut ke layar
*/
float panjang; /* panjang (length) */
float lebar; /* lebar (width) cm */
float luas; /* luas (area) */
Scanner sc = new Scanner(System.in);
System.out.println("Berapa panjang segiempat? ");
panjang = sc.nextInt();
System.out.println("Berapa lebar segiempat? ");
lebar = sc.nextInt();
luas = panjang * lebar;
System.out.println("Luas segiempat = " + luas);
     

     }
}

Belum ada Komentar untuk "Pemograman Array"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel