Pemograman Dasar Pascal Array
Pemograman pascal array
STRUKTUR KONTROL PENCABANGAN
Tujuan
Tujuan bahan praktikum pada Modul III ini adalah:
1. Megenal sintaks struktur kontrol pencabangan dalam bahasa pemograman Pascal dan Java:
a. IF-THEN dan IF-THEN-ELSE.
b. CASE/ SWITCH:
2. Belajar menganalisi kasus.
3. Mengenal tipe data himpunan (Set).
4. Belajar memperbaiki kesalahan sintaks.
5. Belajar menguji hasil kegiatan dengan mempersiapkan test case untuk setiap kemungkinan.
Berikut ini terdapat 5 buah pola kegiatan dalam bahasa Pascal. Praktikan diminta untuk mengetik kembali contoh-contoh kegiatan tersebut dan berguru memperbaiki kesalahan sintaks yang muncul. Langkah-langkah yang harus dilakukan praktikan garis besarnya sebagai berikut:
A. PASCAL
1. Menjalankan aplikasi Turbo Pascal.
2. Membuat (create) program:
a. Program 1: akar_kuadrat.pas, dengan cara men-Save As dari kegiatan yang sudah ada.
b. Jalankan kegiatan tersebut dan test untuk data sebagai berikut:
i. D<0: A=1, B=3, C=4
ii. D=0: A=1, B=4, C=4
iii. D>0: A=1, B=5, C=4
c. Edit kegiatan dengan mengganti rumus X1 dan X2 sebagai berikut kemudian coba jalankan lagi dengan data di atas. Amati bagaimana hasilnya. Mengapa karenanya demikian?
X1:= -b+ sqrt(D)/(2*a);
X2:=-b- sqrt(D)/(2*a);
3. Membuat (create) program:
a. Program 2: case_bulan.pas, dengan cara men-Save As dari kegiatan yang sudah ada.
b. Jalankan kegiatan tersebut dan test untuk data sebagai berikut:
i. Bulan=1
ii. Bulan=4
iii. Bulan=2 dan Tahun=2011
iv. Bulan=2 dan Tahun=2012
v. Bulan=0
c. Bagaimana hasilnya?
Pengenalan Sintaks Bahasa Pemograman dan Lingkungan Pemograman
B. JAVA
1. Menjalankan aplikasi Java.
2. Membuat (create) program:
a. Program 1: akar_kuadrat.pas, dengan cara men-Save As dari kegiatan yang sudah ada.
b. Jalankan kegiatan tersebut dan test untuk data sebagai berikut:
i. D<0: A=1, B=3, C=4
ii. D=0: A=1, B=4, C=4
iii. D>0: A=1, B=5, C=4
c. Edit kegiatan dengan mengganti rumus X1 dan X2 sebagai berikut kemudian coba jalankan lagi dengan data di atas. Amati bagaimana hasilnya. Mengapa karenanya demikian?
X1:= -b+ sqrt(D)/(2*a);
X2:=-b- sqrt(D)/(2*a);
3. Membuat (create) program:
a. Program 2: moon.java, dengan cara men-Save As dari kegiatan yang sudah ada.
b. Perbaiki bab syntax error pada bab deklarasi data berikut:
int NumHari,dBulan,Year;
c. Mengapa dianggap salah?
d. Jalankan kegiatan tersebut dan test untuk data sebagai berikut:
i. Bulan=1
ii. Bulan=4
iii. Bulan=2 dan Tahun=2011
iv. Bulan=2 dan Tahun=2012
v. Bulan=0
e. Bagaimana hasilnya?
4. JIKA MASIH ADA WAKTU, Membuat (create) program:
a. Program 2: akark_kuadrat.java, dengan cara men-Save As dari kegiatan yang sudah ada.
b. Mengedit kegiatan stersebut dengan mengacu pada algoritma kegiatan akar_kuadrat.pas. Cara mengacu fungsi sqrt(D) pada java yaitu sebagai berikut:
Math.sqrt(D).
Perhatikan tipe data dari variable di dalam fungsi sqrt. Tipe data D harus sesuai dengan tipe data tersebut. Pengenalan Sintaks Bahasa Pemograman dan Lingkungan Pemograman
Asisten membantu praktikan untuk mengingatkan semoga mengedit kegiatan dengan baik (member identasi, tidak mengetik kegiatan dari awal) dan membantu menjelaskan kesalahan sintaks.
LISTING PROGRAM
1. Program akar_kuadrat.pas
kegiatan akar_kuadrat;
var A,B,C:integer;
D,X1,X2:real;
begin
write('A: ');readln(A);
write('B: ');readln(B);
write('C: ');readln(C);
D:=B*B-4*A*C;
if (D<0)
then writeln('X1 dan X2 imajiner')
else begin
if (D=0)
then begin
X1:= (-b+ sqrt(D))/(2*a);
X2:=X1;
writeln('X1 = X2 yaitu ',X2:10:2);
end else
begin
X1:= (-b+ sqrt(D))/(2*a);
X2:=(-b- sqrt(D))/(2*a);
writeln('X1 = ',X1:10:2,' X2= ', X2:10:2);
end;
end;
end.
2. Program case_bulan.pas
kegiatan Case_Bulan;
const NamaBulan:array[1..12] of string[10]= ('Januari', 'Februari',
'Maret','April', 'Mei', 'Juni', 'Juli',
'Agustus', 'September', 'Oktober', 'November', 'Desember');
var bulan,tahun,JH:integer;
begin
write('Kode Bulan: ');readln(Bulan);
case Bulan of
1,3,5,7,8,10,12: begin
JH:=31;
writeln('Nama Bulannya : ',NamaBulan[Bulan]);
end;
4,6,9,11 :
begin
JH:=30;
writeln('Nama Bulannya : ',NamaBulan[Bulan]);
end;
2 : begin
writeln('Nama Bulannya : ',NamaBulan[Bulan]);
write('Tahun: ');readln(Tahun);
if (Tahun mod 4= 0)
then
JH:=29
else
JH:=28
end;
else writeln('Kode bulan salah');
end;
writeln('Jumlah hari: ',JH);
end.
Pengenalan Sintaks Bahasa Pemograman dan Lingkungan Pemograman
3. Program moon.java
import java.util.Scanner;
public class Moon {
public static void main(String[] args) {
// TODO code application logic here
String Bulan[]={"januari",
"Februari","Maret","April","Mei","Juni","Juli",
"Agustus", "September","Oktober", "November","Desember"};
int NumHari,dBulan,Year;
Scanner sc= new Scanner(System.in);
System.out.print("Month Code : (1-12) ");dBulan=sc.nextInt();
switch (dBulan) {
case 1:
case 3:
case 5:
case 7:
case 8:
case 10:
case 12: NumHari=31;
System.out.println("Month name : "+Bulan[dBulan-1]);
break;
case 4:
case 6:
case 9:
case 11: NumHari=30;
System.out.println("Month name : "+Bulan[dBulan-1]);
break;
case 2:
System.out.print("Year: ");Year=sc.nextInt();
if (Year % 4 == 0)NumHari=29;
else NumHari=28;
System.out.println("Month name : "+Bulan[dBulan-1]);
break;
default: System.out.println("Kode bulan salah ");
}
System.out.println("Number of days = "+NumHari);
System.out.println("Finished ");
}
}
Tujuan
Tujuan bahan praktikum pada Modul III ini adalah:
1. Megenal sintaks struktur kontrol pencabangan dalam bahasa pemograman Pascal dan Java:
a. IF-THEN dan IF-THEN-ELSE.
b. CASE/ SWITCH:
2. Belajar menganalisi kasus.
3. Mengenal tipe data himpunan (Set).
4. Belajar memperbaiki kesalahan sintaks.
5. Belajar menguji hasil kegiatan dengan mempersiapkan test case untuk setiap kemungkinan.
Berikut ini terdapat 5 buah pola kegiatan dalam bahasa Pascal. Praktikan diminta untuk mengetik kembali contoh-contoh kegiatan tersebut dan berguru memperbaiki kesalahan sintaks yang muncul. Langkah-langkah yang harus dilakukan praktikan garis besarnya sebagai berikut:
A. PASCAL
1. Menjalankan aplikasi Turbo Pascal.
2. Membuat (create) program:
a. Program 1: akar_kuadrat.pas, dengan cara men-Save As dari kegiatan yang sudah ada.
b. Jalankan kegiatan tersebut dan test untuk data sebagai berikut:
i. D<0: A=1, B=3, C=4
ii. D=0: A=1, B=4, C=4
iii. D>0: A=1, B=5, C=4
c. Edit kegiatan dengan mengganti rumus X1 dan X2 sebagai berikut kemudian coba jalankan lagi dengan data di atas. Amati bagaimana hasilnya. Mengapa karenanya demikian?
X1:= -b+ sqrt(D)/(2*a);
X2:=-b- sqrt(D)/(2*a);
3. Membuat (create) program:
a. Program 2: case_bulan.pas, dengan cara men-Save As dari kegiatan yang sudah ada.
b. Jalankan kegiatan tersebut dan test untuk data sebagai berikut:
i. Bulan=1
ii. Bulan=4
iii. Bulan=2 dan Tahun=2011
iv. Bulan=2 dan Tahun=2012
v. Bulan=0
c. Bagaimana hasilnya?
Pengenalan Sintaks Bahasa Pemograman dan Lingkungan Pemograman
B. JAVA
1. Menjalankan aplikasi Java.
2. Membuat (create) program:
a. Program 1: akar_kuadrat.pas, dengan cara men-Save As dari kegiatan yang sudah ada.
b. Jalankan kegiatan tersebut dan test untuk data sebagai berikut:
i. D<0: A=1, B=3, C=4
ii. D=0: A=1, B=4, C=4
iii. D>0: A=1, B=5, C=4
c. Edit kegiatan dengan mengganti rumus X1 dan X2 sebagai berikut kemudian coba jalankan lagi dengan data di atas. Amati bagaimana hasilnya. Mengapa karenanya demikian?
X1:= -b+ sqrt(D)/(2*a);
X2:=-b- sqrt(D)/(2*a);
3. Membuat (create) program:
a. Program 2: moon.java, dengan cara men-Save As dari kegiatan yang sudah ada.
b. Perbaiki bab syntax error pada bab deklarasi data berikut:
int NumHari,dBulan,Year;
c. Mengapa dianggap salah?
d. Jalankan kegiatan tersebut dan test untuk data sebagai berikut:
i. Bulan=1
ii. Bulan=4
iii. Bulan=2 dan Tahun=2011
iv. Bulan=2 dan Tahun=2012
v. Bulan=0
e. Bagaimana hasilnya?
4. JIKA MASIH ADA WAKTU, Membuat (create) program:
a. Program 2: akark_kuadrat.java, dengan cara men-Save As dari kegiatan yang sudah ada.
b. Mengedit kegiatan stersebut dengan mengacu pada algoritma kegiatan akar_kuadrat.pas. Cara mengacu fungsi sqrt(D) pada java yaitu sebagai berikut:
Math.sqrt(D).
Perhatikan tipe data dari variable di dalam fungsi sqrt. Tipe data D harus sesuai dengan tipe data tersebut. Pengenalan Sintaks Bahasa Pemograman dan Lingkungan Pemograman
Asisten membantu praktikan untuk mengingatkan semoga mengedit kegiatan dengan baik (member identasi, tidak mengetik kegiatan dari awal) dan membantu menjelaskan kesalahan sintaks.
LISTING PROGRAM
1. Program akar_kuadrat.pas
kegiatan akar_kuadrat;
var A,B,C:integer;
D,X1,X2:real;
begin
write('A: ');readln(A);
write('B: ');readln(B);
write('C: ');readln(C);
D:=B*B-4*A*C;
if (D<0)
then writeln('X1 dan X2 imajiner')
else begin
if (D=0)
then begin
X1:= (-b+ sqrt(D))/(2*a);
X2:=X1;
writeln('X1 = X2 yaitu ',X2:10:2);
end else
begin
X1:= (-b+ sqrt(D))/(2*a);
X2:=(-b- sqrt(D))/(2*a);
writeln('X1 = ',X1:10:2,' X2= ', X2:10:2);
end;
end;
end.
2. Program case_bulan.pas
kegiatan Case_Bulan;
const NamaBulan:array[1..12] of string[10]= ('Januari', 'Februari',
'Maret','April', 'Mei', 'Juni', 'Juli',
'Agustus', 'September', 'Oktober', 'November', 'Desember');
var bulan,tahun,JH:integer;
begin
write('Kode Bulan: ');readln(Bulan);
case Bulan of
1,3,5,7,8,10,12: begin
JH:=31;
writeln('Nama Bulannya : ',NamaBulan[Bulan]);
end;
4,6,9,11 :
begin
JH:=30;
writeln('Nama Bulannya : ',NamaBulan[Bulan]);
end;
2 : begin
writeln('Nama Bulannya : ',NamaBulan[Bulan]);
write('Tahun: ');readln(Tahun);
if (Tahun mod 4= 0)
then
JH:=29
else
JH:=28
end;
else writeln('Kode bulan salah');
end;
writeln('Jumlah hari: ',JH);
end.
Pengenalan Sintaks Bahasa Pemograman dan Lingkungan Pemograman
3. Program moon.java
import java.util.Scanner;
public class Moon {
public static void main(String[] args) {
// TODO code application logic here
String Bulan[]={"januari",
"Februari","Maret","April","Mei","Juni","Juli",
"Agustus", "September","Oktober", "November","Desember"};
int NumHari,dBulan,Year;
Scanner sc= new Scanner(System.in);
System.out.print("Month Code : (1-12) ");dBulan=sc.nextInt();
switch (dBulan) {
case 1:
case 3:
case 5:
case 7:
case 8:
case 10:
case 12: NumHari=31;
System.out.println("Month name : "+Bulan[dBulan-1]);
break;
case 4:
case 6:
case 9:
case 11: NumHari=30;
System.out.println("Month name : "+Bulan[dBulan-1]);
break;
case 2:
System.out.print("Year: ");Year=sc.nextInt();
if (Year % 4 == 0)NumHari=29;
else NumHari=28;
System.out.println("Month name : "+Bulan[dBulan-1]);
break;
default: System.out.println("Kode bulan salah ");
}
System.out.println("Number of days = "+NumHari);
System.out.println("Finished ");
}
}
Belum ada Komentar untuk "Pemograman Dasar Pascal Array"
Posting Komentar