[Sms Gateway] Pengaturan File Konfigurasi Log4j Untuk Mengetahui Penyebab Error Yang Tidak Diketahui

Sudah membaca postingan [SMS Gateway] Membaca SMS pada Modem (SMSLib)? kalau sudah, mungkin anda akan mendapati sebuah warning pada console netbeans. Berikut warning yang aku maksudkan.

Well, warning menyerupai ini bergotong-royong tidak terlalu mengganggu hanya saja akan lebih "baik" jikalau pesan ini tidak muncul. dari pesannya bergotong-royong penyebabnya sudah jelas, namun bagaimana mengatasinya. Bagi yang mencoba mengunjungi url yang diberikan (seperti aku dikala pertama kali mencoba menciptakan SMS Gateway dengan SMSLib) bukannya sanggup solusi tapi malah kebingungan hehe. nah bergotong-royong solusinya sangat sederhana. SMSLib memakai Apache log4j sebagai Logging frameworknya. dan Apache log4j memerlukan file konfigurasi biasanya diberi nama log4j.properties (kunjungi website resmi log4j untuk keterangan lebih lengkap disini: http://logging.apache.org/log4j/2.x/).

Nah untuk aplikasi sms gateway yang kita buat, kita juga sanggup menambahkan file konfigurasi dari log4j ini. Selain untuk menghilangkan warning diatas, juga untuk memerikan dan mengatur output dari smslib, sehingga jikalau ada error yang tidak diketahui kita sanggup men-trace nya dari log yang diberikan.

Oke cukup penjelasannya, kini kita masuk ke tutorial.
Langka pertama:
Buat sebuah file properties pada project berinama dengan log4j.properties (simpan saja di package root/tanpa package), kurang lebih menyerupai berikut:
Langkah kedua:
Tambahkan arahan berikut kedalamnya:

log4j.logger.smslib=DEBUG, smslib log4j.appender.smslib=org.apache.log4j.ConsoleAppender log4j.appender.smslib.layout=org.apache.log4j.PatternLayout log4j.appender.smslib.layout.ConversionPattern=%-6r %d [%t] %-5p %C %x - %m%n 

Selesai, namun yang perlu diperhatikan ialah arahan awal. disini tertulis DEBUG. silahkan ubah arahan ini dengan TRACE, DEBUG, INFO, WARN, ERROR atau FATAL, gunakan sesuai kebutuhan.

Berikut kesannya (Levelnya aku gunakan DEBUG).


Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk mengunjungi blog ini.

Belum ada Komentar untuk "[Sms Gateway] Pengaturan File Konfigurasi Log4j Untuk Mengetahui Penyebab Error Yang Tidak Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel