Tipe Data Pada Pemograman Php

Orang bilang sih hal ini dah basi, tapi terkadang alasannya yaitu dalam PHP kita tidak perli mendefinisikan tipe data, hal ini sering dilupakan. Ok lah Tipe Data dalam PHP yaitu:
Integer, Floating Point, String, Array, Object.

Tipe Data pada suatu variable secara otomatis akan ditentukan PHP tergantung pada operasi yang sedang berlangsung.

Tipe Data Integer

Tipe ini mencakup semua bilangan bundar dengan range -2,147,483,648 hingga +2,147,483,647 pada platform 32bit. PHP juga akan mengkonversi secara otomatis jikalau suatu bilangan berada diluar range tersebut ke dalam tipe data floating point. Tipe ini juga sanggup dinyatakan dalam bentuk oktal (berbasis 8), desimal (berbasis 10), heksadesimal (berbasis 16). Seperti dalam pola berikut :

$oktal = 031; $desimal = 25; $heksadesimal = 0×10; 


Tipe Data Floating Point

Tipe ini biasa dipakai dalam bilangan bagian namun sanggup juga bilangan desimal. Tipe ini mempunyai range 1.7E-308 hingga 1.7E+308. Dapat dinyatakan dalam bentuk bilangan desimal atau dalam bentuk pangkat. Seperti pola dibawah ini :

$desimal = 0.25; $pangkat = 15.0E-2 


Tipe Data String

Tipe data string dinyatakan dengan mengapitnya memakai tanda petik tunggal (‘ ‘) atau tanda petik ganda (” “). Perbedaan dari penggunaan keduanya yaitu dengan tanda petik tunggal kita tidak sanggup memakai variable dan escape sequence handling bersama dalam suatu kalimat. Seperti pola :

$var = ”tanda”; echo “1. $var”; echo ’2. Contoh $var ini tidak sanggup digunakan’; 

output ;
1. tanda
2. $var


Tipe Data Array

Tipe ini sanggup mengandung satu atau lebih data juga sanggup diindeks menurut numerik atau string. Ia juga mendukung multiarray dimensi dan membolehkan semua datanya berbeda tipe data. Seperti pola :

$array[] = 1; $array[] = “2″; $array[] = ’3′; $array[] = ‘X’; $hewan[mamalia] = “Sapi”; $hewan[reptil] = “Buaya”; $hewan[melata] = “Ular”;  for ($n=0; $n < 5; $n++) { echo “variable \$array[$n] bernilai : ‘$array[$n]‘”; } 


Tipe Data Object 

Tipe data object sanggup berupa bilangan, variable atau fungsi. Object dibentuk dengan tujuan biar para programmer terbiasa dengan OOP, meski akomodasi ini masih minim. Seperti pola :
class Hewan { var $jenis = “Hewan Mamalia”; function ganti_hewan($jenis) { $this->jenis = $jenis; } } 

Belum ada Komentar untuk "Tipe Data Pada Pemograman Php"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel