5 Perbedaan Error Dan Exception Pada Aktivitas Java Yang Harus Anda Ketahui

Pada pembahasan mengenai tipe-tipe exception anda sudah mengetahui bahwa class java.lang.Error dan java.lang.Exception merupakan subclass dari class java.lang.Throwable.

Meskipun demikian, ternyata terdapat perbedaan yang cukup signifikan diantara keduanya.

Class Error merepresentasikan kesalahan-kesalahan atau kegagalan yang terjadi lantaran lingkungan di mana aplikasi tersebut berjalan. Misalnya, jikalau memori JVM tidak mencukupi maka akan muncul OutOfMemoryError.

 ternyata terdapat perbedaan yang cukup signifikan diantara keduanya 5 Perbedaan Error dan Exception Pada Program Java Yang Harus Anda Ketahui


Sementara itu, class Exception akan merepresentasikan exceptions yang terutama disebabkan kerena aplikasi  itu sendiri. Misalnya ClassCastException akan muncul ketika aplikasi mencoba untuk cast tipe class yang tidak kompatibel. Atau NullPointerException yang akan terjadi ketika aplikasi Java mencoba untuk mengakses objek null.

Penjelasan Perbedaan Error dan Exception


Berikut ini ialah perbedaan antara Error dan Exception:

  1. Error bekerjasama dengan lingkungan di mana aplikasi berjalan sementara itu Exception bekerjasama dengan aplikasi itu sendiri.


  2. Compiler tidak mempunyai pengetahuan mengenai unchecked exception, termasuk Error dan semua subclass dari RunTimeException lantaran mereka tidak muncul pada dikala runtime program. Compiler hanya mempunyai pengetahuan untuk checked exception saja. Oleh lantaran itu, compiler akan tetap memaksa programmer untuk menyertakan blok try-catch bila ada pernyataan-pernyataan yang mungkin saja sanggup melemparkan checked exceptions.


  3. Kategori Exception pada Java dibagi meenjadi dua, yaitu checked dan unchecked. Sementara itu, semua Error termasuk dari kategori unchecked saja. 


  4. Error tidak akan sanggup ditangani oeh blok try-catch. Meskipun anda mencoba untuk menanganinya memakai blok try-catch tersebut, namun aplikasi anda tidak akan pulih ketika error tersebut terjadi. Kebalikannya, Exception sanggup ditangani oleh blok try-catch sehingga sanggup menciptakan kegiatan tetap berjalan norman jikalau exception ini muncul.



  5. Memulihkan Error ialah hal yang sangat tidak mungkin. Satu-satunya cara yang mungkin dilakukan ialah mengehentikan program. Di sisi lainnya, Exception sanggup dipulihkan dengan memakai blok try-catch atau melemparkan exception kembali kepada caller

Itulah 5 perbedaan antara Error dan Exception pada bahasa pemrograman Java. Semoga sanggup menambah pengetahuan anda ketika berguru Java.

Belum ada Komentar untuk "5 Perbedaan Error Dan Exception Pada Aktivitas Java Yang Harus Anda Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel