Memahami Checked Dan Unchecked Exception Pada Kegiatan Java

Pada pembahasan mengenai tipe-tipe exceptions sudah dibahas sedikit pada bab tamat mengenai topik ini. Namun, supaya lebih jelas, pada kesempatan kali ini kembali di bahas lebih detail. Terdapat dua kategori exceptions dalam bahasa pemrograman Java, yaitu:
  • Checked 
  • Unchecked
tipe exceptions sudah dibahas sedikit pada bab tamat mengenai topik ini Memahami Checked dan Unchecked Exception Pada Program Java

A. Checked Exceptions

Checked exceptions merupakan exception yang diketahui pada ketika compile time. Namun, ada juga exceptions yang dicek pada ketika compile time, oleh lantaran itu mereka disebut dengan compile time exceptions.

Compile time error akan terjadi bila exceptions ini tidak ditangani dengan memakai blok try-catch atau dengan memakai keyword throws.

Kaprikornus class manakah pada Java yang termasuk kedalam checked exceptions?

Semua subclass dari java.lang.Exception kecuali subclass dari RunTimeException yaitu checked exceptions.

Contoh isyarat kegiatan di bawah ini melemparkan checked exception. Namun, tidak ditangani dengan baik. Maka compile time error akan terjadi.
Pernyataan pada line 5 di atas akan melemparkan ClassNotFoundException yang termasuk dalam checked exception pada ketika compile time, misalkan menyerupai di bawah ini:

Exception in thread "main" java.lang.Error: Unresolved compilation problem:
                     Unhandled exception type ClassNotFoundException
                     at TestCheckedException.main(TestCheckedException.java:5)

Oleh lantaran itu, pernyataan ini harus berada dalam blok try-catch atau dalam deklarasi main method dengan keyword throws.


Berikut ini yaitu referensi untuk menangani exception tersebut:

atau sanggup juga dengan:

B. Unchecked Exceptions

Unchecked exception merupakan exception yang terjadi pada ketika runtime. Pada ketika compile time semuanya akan berjalan normal, namun ketika runtime maka akan terlempar exception ini. Oleh alasannya itulah uncheked exceptions disebut juga dengan runtime exceptions.

Semua subclass dari calss Error dan RuntimeException yaitu unchecked exceptions.

Compile time error tidak akan terjadi kalau ada pernyataan dalam kegiatan yang melemparkan unchecked exception ini. meskipun anda tidak menanganinya dengan blok try-catch atau keyword throws. Bagaimanapun, kegiatan akan gagal ketika dijalankan walaupun akan sukses pada ketika di compile.

Oleh lantaran itu, untuk mencegah kegiatan diberhentikan secara prematur ketika kegiatan Java anda dijalankan, maka anda harus menangani exception ini dengan baik.

Contoh:

Ketika kegiatan di atas di eksekusi, maka akan melemparkan NumberFormatException yang tidak ditangani dengan baik. Akibatnya yaitu kegiatan akan terhenti dengan buruk.

Untuk mengatasinya, anda sanggup menangani exception ini dengan memakai blok try-catch, menyerupai di bawah ini:

Itulah pembahasan mengenai checked dan unchecked exception pada kegiatan Java beserta dengan referensi sederhana yang gampang di pahami. Semoga sanggup membantu anda untuk berguru Java.

Belum ada Komentar untuk "Memahami Checked Dan Unchecked Exception Pada Kegiatan Java"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel