Memahami Method Endswith(String Suffix) Pada Class String

Method boolean endsWith(String suffix) pada pemrograman Java yakni method dari class String yang akan mengembalikan nilai boolean true atau false dengan menguji apakah akhiran dari suatu string merupakan urutan dari aksara tertentu (string lain atau suffix). Parameternya:
  • suffix: akhiran (suffix)
Method ini akan mengembalikan nilai true kalau urutan aksara yang direpresentasikan oleh argumen yakni merupakan urutan aksara yang direpresentasikan oleh objek String, kalau bukan, maka nilai false akan dikembalikan.

dengan menguji apakah akhiran dari suatu string merupakan urutan dari aksara tertentu  Memahami Method endsWith(String suffix) Pada Class String


Nilai true juga akan diberikan bila argumen berupa string kosong "" atau equal dengan objek String yang menyerupai yang ditetapkan menggunakan method equals()

Contoh:
public class Test_endsWith {    public static void main(String [] args){      String string1 = "Belajar  Dasar";   String string2 = "Java Dasar";   String string3 = "";   String string4 = "java Dasar";      /**Cek suffix dengan "Java Dasar"*/   boolean cek1 = string1.endsWith(string2);      /**Cek suffix dengan string kosong*/   boolean cek2 = string1.endsWith(string3);      /**Cek suffix dengan "java Dasar"*/   boolean cek3 = string1.endsWith(string4);      /**Menampilkan hasil pengecekan*/   System.out.println("Apakah string1 mempunyai suffix \"Java Dasar\"? " + cek1);   System.out.println("Apakah string1 mempunyai suffix \"\"? " + cek2);   System.out.println("Apakah string1 mempunyai suffix \"java Dasar\"? " + cek3);     } } 
Output:
Apakah string1 mempunyai suffix "Java Dasar"? true
Apakah string1 mempunyai suffix ""? true
Apakah string1 mempunyai suffix "java Dasar"? false

Belum ada Komentar untuk "Memahami Method Endswith(String Suffix) Pada Class String"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel