Memahami Stream Pada Kegiatan Java

Untuk proses input dan output pada agenda Java, maka package java.io mempunyai class-class yang sangat lengkap untuk mendukung tujuan ini. Setiap streams ini sanggup merepresentasikan sumber-sumber dari input dan juga sasaran dari output. Package java.io juga mendukung banyak data, menyerupai data primitif, objek, dan sebagainya.

Untuk proses input dan output pada agenda Java Memahami Stream Pada Program Java

Apa Itu Stream?

Secara mudahnya stream sanggup diartikan sebagai "urutan dari data". Terdapat 2 jenis stream, yaitu:
  • InPutStream yang dipakai untuk membaca data dari sumbernya
  • OutPutStream yang dipakai untuk menulis data pada tujuan atau target
Untuk file dan jaringan (networks), Java memperlihatkan derma fleksibel dan juga kuat. Namun, kita hanya akan melihat dasarnya saja melalui contoh-contoh yang sering dipakai secara umum.

Stream dari Karakter-karakter

Stream abjad (character) dipakai untuk proses input dan output unicode 16 bit. Terdapat banyak class yang bekerjasama dengan stream dari abjad ini, tapi terdapat 2 class yang paling sering dipakai yaitu:
  • FileReader
  • FileWriter
Secara internal, FileReader ini memakai FileInputStream, sedangkan FileWriter memakai FileOutputStream. Namun, perbedaan signifikan diantara keduanya yakni FileReader akan membaca 2 byte dalam sekali waktu sedangkan FileWriter akan menulis 2 byte dalam sekali waktu.

Stream dari Bytes

Bytes stream dipakai saat membaca input dan output 8 bytes. Terdapat banyak class yang terkait dengan stream byte ini, namun yang paling banyak dipakai adalah:
  • FileInputStream
  • FileOutputStream

Standar Stream

Pada Java, sama menyerupai pada bahasa pemrograman lainnya, mempunyai derma untuk standar I/O. Ini berkhasiat saat user memperlihatkan input melalui keyboard dan kemudian menghasilkan output melalui layar komputer.



Java mempunyai 3 standar streams, yaitu:
  • Standar error, dipakai untuk memperlihatkan ouput data error yang dihasilkan oleh agenda yang dipakai oleh user. Layar komputer biasanya dipakai sebagai standar error stream dan direpresentasikan sebagai System.err.

  • Standar input, dipakai untuk memberi data (input) pada program, . Biasanya user memakai keyboard sebagai sarana untuk standar input stream dan direpresentasikan sebagai Sytem.in.

  • Standar output, dipakai sebagai ouput data yang dihasilkan oleh agenda user dan basanya layar komputer dipakai untuk menampilkan standar output stream dan direpresentasikan sebagai System.out. 

Belum ada Komentar untuk "Memahami Stream Pada Kegiatan Java"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel